Larangan Penjualan Derivatif Crypto Jadi Pertimbangan FCA

By Aulia Medina     Sunday, July 7 2019

Badan pengawas keuangan Inggris, Financial Conduct Authority (FCA), sedang mempersiapkan kemungkinan adanya larangan penjualan derivatif crypto kepada investor ritel, menurut dokumen resmi yang dirilis pada 1 Juli.

Dalam dokumen tersebut, berjudul “Membatasi kontrak untuk perbedaan produk yang dijual kepada klien ritel,” FCA mengungkapkan bahwa regulator akan segera menerbitkan makalah konsultasi (CP) tentang larangan potensial terhadap turunan crypto seperti  bitcoin berjangka (BTC) dan produk perdagangan terkait crypto.

FCA menulis:

“Kami akan segera menerbitkan makalah konsultasi  tentang larangan penjualan derivatif crypto untuk klien ritel derivatif dan sekuritas tertentu yang dapat dialihkan yang merujuk pada aset crypto.”

Regulator mencatat bahwa inisiatif ini mengikuti komitmen publik mereka dalam Laporan Akhir Satgas Aset Crypto Inggris, yang diterbitkan pada Juli 2018, dan diperbarui pada Oktober 2018. FCA menekankan bahwa aturan baru dalam makalah konsultasi yang akan datang akan menggantikan peraturan akhir kontrak untuk perbedaan berbasis kripto

Baca juga: ETC Labs dan Metronome Kerjasama Ciptakan Solusi interoperabilitas ETH/ETC

Menurut outlet media kripto Crypto Briefing, perwakilan FCA dilaporkan telah mengkonfirmasi bahwa regulator akan “segera” memberlakukan larangan produk tertentu yang terkait dengan aset kripto kepada investor ritel. Juru bicara itu dilaporkan mengklaim:

“Kami akan berkonsultasi tentang kemungkinan pelarangan penjualan kepada pelanggan ritel turunan yang terkait dengan aset crypto tertentu tahun ini.”

Dalam pernyataan kebijakan publik lain tentang pembatasan CFD, FCA menganggap CFD “derivatif yang kompleks dan leverage” yang umumnya ditawarkan kepada klien ritel dan mewakili risiko berlebihan. Badan tersebut mengharapkan investor ritel untuk menghemat dari 267 juta poundsterling Inggris ($ 338 juta) hingga sebanyak 451 juta pound ($ 570 juta) setiap tahun, mengikuti langkah-langkah pembatasan mereka, tulis FCA.

Pada akhir 2018, direktur eksekutif strategi dan kompetisi  FCA, Christopher Woolard mengisyaratkan kemungkinan larangan turunan crypto dalam kesaksiannya di acara “The Regulation of Cryptocurrency” di London.

Sementara itu, baru-baru ini, kepala bank sentral Inggris mengatakan bahwa cryptocurrency Libra baru Facebook dapat memiliki kasus penggunaan asli jika dapat beradaptasi dengan tuntutan peraturan global.

Sumber