Langgar Aturan, California Hukum 2 Tahun Penjara Seorang Pedagang Bitcoin

By Aulia Medina     Monday, April 15 2019

Pedagang LocalBitcoin yang menjual Bitcoin (BTC) ke lebih 1,000 orang di Amerika akan menjalani dua tahun masa penjara. Berita ini dikonfirmasi dari press release Kantor Pengacara A.S. Distrik Selatan California pada 8 April.

Jacob Burrel Campos, berkewarganegaraan Meksiko, mengumpulkan lebih dari $820,000 dari penjualan Bitcoin di platform P2P antara 2015 dan 2018.

Jaksa mengatakan melalui kombinasi pertemuan uang tunai, transfer ATM dan MoneyGram, Burrell melayani pedagang di situs tanpa melakukan pemeriksaan anti-money laundering (AML) dan uji tuntas tentang sumber dana USD yang masuk.

Semenjak dalam pengawasan dari Agustus tahun lalu, Burrell mengaku bersalah atas tuduhan di bulan Oktober, Burrell mengaku bahwa dia dan orang lain yang tidak disebutkan namanya mengambil ribuan dolar di perbatasan AS – Meksiko setiap hari dan melakukan transaksi pertukaran dengan Joseph Castillo, dealer logam mulia yang berbasis di San Diego.

Baca juga: Upbit Indonesia Mengumumkan Airdrop 100 Juta token NPXS

Selain hukuman, Burrell juga akan kehilangan seluruh hasil penjualannya sebesar $ 823.357 yang diperolehnya dari bisnis.

Kasus ini merupakan yang terbaru dalam meningkatnya cerita serupa yang melibatkan pedagang informal AS, yang pihak berwenang kejar di tengah kekhawatiran mereka berkontribusi pada destabilisasi ekonomi.

Seperti yang dilaporkan Cointelegraph, Burrell awalnya harus menghadapi 5 tahun di balik jeruji besi.

“Hukuman hari ini atas Burrell adalah pengingat bagi para pemancar uang ilegal dan tidak berlisensi itu bahwa hukum dan peraturan berlaku untuk transaksi mata uang kripto sama seperti yang mereka lakukan pada jenis-jenis transaksi keuangan lainnya,” jelas David Shaw, Agen Khusus Penanggung jawab Investigasi Keamanan Tanah Air di San Diego dalam siaran pers.

Minggu lalu, seorang hakim Kanada memerintahkan penyitaan $ 1,4 juta dalam kepemilikan BTC dari seorang pengedar narkoba online, penyitaan terbesar yang pernah terjadi di negara itu.

Sumber