Berita Altcoins · 5 min read

Sebulan Pasca The Merge, Harga ETH Stagnan!

Melihat Kondisi Ethereum Pasca The Merge

Tidak terasa sudah sebulan blockchain Ethereum merayakan keberhasilan The Merge (penggabungan) dari mekanisme Proof of Work (PoW) menjadi Proof of Stake. Perubahan transisi tersebut diklaim jauh lebih ramah lingkungan dan jaringan lebih terukur. 

Setelah The Merge terjadi sudah seharusnya membawa skalabilitas dan ada peningkatan yang akan membuat Ethereum menjadi lebih cepat dan efisien.

Selain itu, banyak komunitas dan pemegang ETH yang berharap harga Ethereum akan terus mengalami peningkatan setelah penggabungan. Namun, faktanya ethereum telah turun lebih dari 7% sejak The Merge. Berikut ini ulasan setelah satu bulan Ethereum The Merge.

Kebijakan Moneter ETH Pasca The Merge

Kebijakan moneter Ethereum mengalami perubahan, di mana menjadi 1.600 ETH per hari. Jumlah itu digunkan untuk hadiah staking, yang akan memotong pasokan hariannya 90%.

Jika harga gas rata-rata di jaringan Ethereum menjadi 16 gwei makan 1.600 ETH akan dibakar setiap harinya dan membuat inflasi Ethereum nol atau bahkan memicu deflasi.

Kebijakan ini membuat optimis para investor, karena diprediksi akan memicu kenaikan harga, namun kenyataanya dalam jangka pendek tidak ada pengaruh signifikan untuk kenaikan harga.

Baca juga: The Merge Ethereum, Era Baru Pengenalan Teknologi Sharding

Tinjauan 30 hari Jaringan PoS

Sementara, kajian jaringan Pos ETH setelah The Merge membuat penambang yang sebelumnya menjalankan di jaringan Ethereum diganti dengan validator. Akibatnya, validator aktif yang mengandalkan jaringan PoS telah meningkat.

Menurut data Glassnode, terdapat 449.511 validator aktif di jaringan PoS dan telah tumbuh sekitar 3,39% yang terhitung sebulan sejak 25 oktober 2022.

Validator aktif. Sumber: Glassnode

Selanjutnya, pada berita ini ditulis, saldo efektif pada rantai PoS adalah 14.384.226 yang terhitung dari 25 September 2022, ini telah meningkat sebesar 3,39%. 

Sumber: Glassnode

Pada tulisan ini, saldo efektif pada rantai POS Ethereum adalah 14.188.772. Sejak penggabungan, ini telah meningkat sebesar 4%.

Berdasarkan laporannya, bisa dibilang jumlah ETH yg aktif di staking berbanding lurus sama jumlah validator aktif, yang berarti validator juga menambahkan ETH untuk distaking, bukan hanya menambah validator saja.

Kenapa Harga ETH Stagnan?

Secara teknis setelah penggabungan, semestinya dapat mendorong harga ETH naik. Namun hal ini tidak terjadi, karena euforia soal The Merge telah memudah seiring waktu, selain itu momen besar ini pun telah tenggelam karena pengumuman peningkatan suku bunga oleh Federal Reserve AS selama beberapa bulan terakhir.

Akibatnya, obligasi pemerintah telah menghasilkan hasil yang signifikan, dan obligasi ini memiliki risiko yang jauh lebih sedikit daripada kripto. Ada juga lebih banyak tekanan peraturan di ruang kripto, dan dengan resesi yang berjalan liar, investor jangka pendek menjauh dari aset yang tidak stabil, salah satunya adalah kripto.

Baca Juga: Cardano vs. Ethereum, Mana yang Lebih Bagus?

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Nabiila Putri Caesari

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.