Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Komisi Perdagangan AS Akui Kontrak Berjangka Bitnomial

Wafa Hasnaghina     Friday, April 24 2020

Komisi Perdagangan Berjangka Komoditas AS (CFTC) menyetujui Bitcnomial Exchange untuk beroperasi sebagai Designated Contract Markets (DCM) yang berarti bursa ini kini dapat menawarkan kontrak berjangka dan kontrak opsi Bitcoin. 

Persetujuan tersebut membawa pemain baru ke dunia bitcoin futures yang masih sangat muda di AS.

Hingga saat ini, hanya CME, Cboe, Bakkt, ErisX, dan LedgerX yang dapat menawarkan kontrak berjangkan dan opsi pada Bitcoin. Itu pun Cboe telah mengakhiri kontraknya di awal 2019 dan ErisX tampaknya hanya akan mendapatkan sedikit volume di masa mendatang. 

Fokus Bitnomial pada Physical Settlement

Tidak seperti CME, Bitnomial tampaknya berfokus secara khusus pada kontrak yang diselesaikan secara fisik (physically-settled), yang berarti para pelanggan akan menerima Bitcoin yang sebenarnya ketika kontrak berakhir, daripada hasil dalam fiat itu sendiri.

Bitnomial adalah “start-up pertukaran pertama dan satu-satunya” yang menerima persetujuan dalam penawaran kontrak berjangka dan opsi bitcoin yang disediakan secara marginal dan secara fisik di AS.

“Persetujuan tersebut memungkinkan Bitnomial untuk mengatasi tumpuan pergantian generasi di pasar keuangan: pertama, para pelanggan pada generasi baru muncul sebagai orang yang paham dengan perdagangan, teknologi, dan pengiriman. Kedua, inovasi derivatif baru yang tidak diregulasi sedang booming dengan volume harian mencapai $45 (Miliar) tetapi mungkin masih ilegal bagi banyak trader AS”, ungkapan dalam siaran pers.

Baca juga: Delta Exchange Meluncurkan Kontrak Future Bitcoin-Tether

Tujuan Bitnomial Kedepannya

Pada siaran pers ini juga, Bitnomial mengungkapkan harapannya dalam menemukan pelanggan atau yang mereka sebut “area pertumbuhan baru” dan mengkalim perusahaan warisan yang ada mengalami kesulitan dalam mengembangkan dasar teori ini. 

Bitnomial sekarang dalam tahap mempersiapkan pengujian dalam penerimaan pengguna dan telah membuka pendaftaran pengguna serta berharap dapat mulai beroperasi pada tanggal 27 April 2020 nanti.

Dalam sebuah pernyataan, pendiri dan CEO Bitnomial, Luke Hoersten mengatakan perusahaan akan mulai dengan kontrak berjangka triwulan, kontrak berjangka mikro dan kontrak opsi. Kontrak diperdagangkan pada margin 37% dan akan diselesaikan secara on-chain dibandikan dengan entri buku.

Peter Johnson dari Jump Capital mengatakan kontrak berjangka bitcoin yang diselesaikan secara fisik “sebagian besar masih tidak dapat diakses” di pasar AS.

“Produk-produk (Bitnomial) juga secara andal dikaitkan dengan harga aset dasar melalui opsi pengiriman fisik. Kami senang menjadi mitra dengan perusahaan yang berkomitmen untuk memenuhi standar peraturan tertinggi dan meningkatkan aksesibilitas turunan kripto untuk para trader AS”.

Menurut Securities and Exchange Commission AS, Bitnomial telah berhasil mengumpulkan sekitar $7,5 juta dalam peningkatan ekuitas dari 12 investor pada Desember lalu

Sumber