Mengenal Koin NXT, Naik 800% dalam 5 Bulan

Felita Setiawan

1st March, 2022

Koin NXT menjadi salah satu Altcoins yang menarik perhatian pasar di Tahun 2021.

Hal ini disebabkan adanya beberapa pembaruan yang membuat harganya naik cukup signifikan.

Sayangnya saat ini walau telah meredup masih banyak investor yang FOMO dan berharap mendapat keuntungan yang sama.

Sehingga sebelum membeli ada baiknya investor memahami apa sebenarnya Koin NXT ini.

Mengenal Blockchain NXT

NXT merupakan sebuah proyek crypto berbasis blockchain yang masuk ke dalam generasi blockchain 2.0 yaitu generasi setelah ketenaran Bitcoin.

Berbeda dengan altcoins lainnya yang ingin menggantikan Bitcoin, NXT membuat kerangka pemrogramannya dari awal tanpa menduplikasi Bitcoin.

Developer NXT menggunakan Java Script untuk menciptakan NXT Blockchain dan menjadi salah satu blockchain pertama yang tidak menggunakan mekanisme Proof of Work.

Baca juga: Proof of Stake vs Proof of Work

Blockchain ini menjadi salah satu blockchain pertama di luar Ethereum yang dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan data dan penerbitan proyek.

Sebelumnya, blockchain hanya digunakan sebagai tempat data transaksi seperti layaknya Bitcoin namun semua berubah di era generasi blockchain kedua, termasuk dalam NXT.

NXT sendiri dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan data, pemungutan suara atau governance voting, perbincangan terenkripsi, hingga pertukaran crypto.

Semua dilakukan melalui smart contract yang memiliki kegunaan luas dari hasil pengembangan beberapa tahun sejak berdirinya di Tahun 2013.

Pendirinya adalah tiga orang yang dipimpin oleh Lior Yaffe seorang developer dengan pengalaman 20 tahun lebih dalam beberapa bahasa pemrograman.

Alasan awal dari penciptaan NXT adalah untuk membuat ekosistem blockchain yang lebih luas karena bercermin pada Bitcoin yang memiliki kegunaan terbatas.

Oleh karena itu, pendiri NXT ingin membuat sebuah blockchain baru, murni tanpa campur aduk mekanisme yang digunakan oleh Bitcoin.

Mekanisme Blockchain NXT

Inovasi yang dilakukan oleh NXT adalah mengubah struktur blockchain secara menyeluruh dengan menggunakan mekanisme Proof of Stake.

Dengan mekanisme Proof of Stake, sebuah blockchain dapat memproses lebih banyak transaksi dan membutuhkan energi yang lebih sedikit.

Hal ini disebabkan tidak adanya persaingan antara validator dan semua validator mendapatkan giliran untuk melakukan validasi transaksi serta mendapatkan imbalan.

Sayangnya mekanisme ini jika dilihat pada era generasi blockchain 3.0, atau saat ini, adalah sebuah teknologi yang sudah tidak baru dan bahkan tertinggal.

NXT sendiri masih memiliki kecepatan transaksi di angka sekitar 30 transaksi per detik. Kecepatan tersebut lebih cepat dari Bitcoin namun relatif sama dengan Ethereum.

Kabar baiknya biaya transaksi NXT masih lebih kecil dibandingkan Ethereum karena sudah transformasi ke mekanisme Proof of Stake sejak berdiri.

Blockchain NXT juga merupakan salah satu blockchain yang relatif stabil akibat jarang mengalami kerusakan walau kecepatannya masih dapat ditingkatkan.

Dasar dari blockchain ini juga menggunakan Java Script sehingga relatif lebih dikenal oleh mayoritas developer yang tidak memiliki latar belakang crypto dan blockchain.

Oleh karena itu kegunaannya juga relatif cukup luas melihat tujuan NXT dibangun juga untuk mempermudah adopsi crypto dan blockchain.

Adopsi Blockchain NXT

NXT sendiri dibangun dengan kegunaan yang luas seperti yang sebelumnya sudah dikatakan. Saat ini NXT juga nampak bergerak lebih fokus ke jasa penyediaan blockchain.

Hal ini disebabkan NXT menyediakan blockchain fork untuk membuat blockchain yang privat agar perusahaan bisa mengadopsinya untuk tempat komunikasi atau penyimpanan data.

Jadi Blockchain NXT dapat digunakan untuk jaringan publik layaknya blockchain di dunia crypto, dan sebagai blockchain privat layaknya server google untuk mengirimkan surat elektronik.

Untuk adopsi di dunia crypto, nampaknya koin NXT sudah mulai redup karena relatif telah berganti ke model bisnis jasa tersebut.

Saat ini NXT memiliki tiga jasa yaitu konsultasi teknis blockchain, bantuan inovasi blockchain privat, dan penciptaan jaringan dalam platform Ardor.

Jaringan yang dimaksud adalah untuk bisnis dan perusahaan membangun server pribadi sesuai kegunaan masing-masing seperti yang sebelumnya dikatakan.

Oleh karena itu, sayangnya NXT menjadi salah satu crypto yang relatif redup walau pada Januari 2022 sempat melanjutkan pembaruan dan menarik perhatian sesaat.

Membedah Koin NXT

Blockchain ini memiliki koin yang juga bernama NXT dengan kegunaan untuk alat transaksi pada jaringannya dan juga untuk biaya transaksi.

Jumlah persediaan koin NXT saat ini berada pada 1 Miliar dan seluruh koin tersebut sudah beredar di pasar melihat penjualan awalnya terjadi di Tahun 2013 lalu.

Dari sisi alokasi nampaknya juga saat ini semua koin NXT yang ada telah berada di pasar dan sudah tidak disimpan oleh tim kecuali untuk imbalan validator.

Grafik Koin NXT November 2020 - Maret 2022
Grafik Koin NXT November 2020 – Maret 2022

Jika melihat pada harganya, saat ini koin NXT berada di daerah harga November 2020, yaitu harga sebelum koin NXT naik signifikan di pertengahan 2021.

Jadi secara keseluruhan NXT adalah proyek yang kurang baik jika melihat untuk investasi saat ini karena kurangnya inovasi dan tertinggalnya dengan blockchain lain.

Felita Setiawan

Mengenal industri Blockchain dan Crytpo sejak tahun 2017, Felita berfokus dalam mengedukasi masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal dan mendapatkan manfaat dari aset digital.

Mengenal industri Blockchain dan Crytpo sejak tahun 2017, Felita berfokus dalam mengedukasi masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal dan mendapatkan manfaat dari aset digital.