Keuntungan Menggunakan Crypto Lending Hodlnaut

Anisa Giovanny

30th April, 2021

Kamu seorang hodler dan ingin tetap mendapatkan penghasilan tanpa perlu menjual aset yang kamu miliki? Kamu bisa mencoba mempertimbangkan untuk menggunakan crypto lending atau platform yang menyediakan layanan pinjam-meminjam bagi para holder dan investor yang ingin memanfaatkan keuntungan dari harga aset kripto. Selengkapnya soal crypto lending dapat kamu temukan di sini

Salah satu platform crypto lending terkemuka adalah Hodlnaut, ia menyediakan fitur dan berbagai keuntungan yang dapat dinikmati penggunanya. Apa saja keuntungan menggunakan hodlnaut? 

Selengkapnya…


Hodlnaut adalah perusahaan rintisan fintech yang berbasis di Singapura yang didirikan oleh dua maksimalis bitcoin Juntao Zhu dan Simon Lee. Hodlnaut menyediakan layanan keuangan bagi investor individu dan penggemar kripto.

Dimulai pada April 2019, Hodlnaut dengan cepat menjadi salah satu platform pinjaman kripto paling menjanjikan di dunia. Hodlnaut memiliki misi untuk membantu para pemilik crypto agar mendapatkan lebih banyak hasil dari  aset digital yang mereka miliki dengan mudah.

Sesuai dengan namanya Hodlnaut, perusahaan ini ingin membantu para hodlers (istilah bagi investor yang hanya menyimpan crypto) untuk mendapatkan penghasilan tanpa perlu menjual seluruh crypto miliknya.  Jadi pemilik tetap memiliki aset mereka namun tetap bisa mendapatkan keuntungan dari sana tanpa perlu menjualnya. Berikut adalah keuntungan dari Hodlnaut.

Fitur

Keuntungan pertama adalah fitur yang disediakan, pengguna bisa memilih Hodlnaut interest account atau Institutional Interest Account dengan 5 kelas aset utama. Interest account biasanya cocok untuk investor retail. Hodlnaut memberi pengguna kesempatan untuk mengembangkan portofolio pengguna dengan beberapa suku bunga tinggi di pasar dengan hasil tahunan efektif hingga 10.5%. Aset yang bisa dipilih ada Bitcoin, Ethereum, DAI, USDC dan USDT.  

Hodlnaut juga menawarkan Institutional Interest atau Pinjaman Korporasi. Melalui pinjaman kripto, klien dapat memperoleh batas kredit menggunakan aset kripto mereka sebagai jaminan. Dengan pinjaman mulai dari $50.000 dan pinjaman-ke-nilai yang fleksibel, 25% -100%.

Hodlnaut dapat menyesuaikan pinjaman agar sesuai dengan kebutuhan bisnis klien. Selain kedua hal tersebut, Hodlnaut baru saja meluncurkan fitur token swap. Fungsi swap akan memungkinkan pengguna untuk mengeksekusi perdagangan secara instan antara salah satu dari 5 aset yang ditawarkan di platform Hodlnaut BTC, ETH, DAI, USDC, dan USD

Tidak ada Minimum Deposit

Bagi investor yang memilih menggunakan interest account Hodlnaut tidak memberikan setoran minimun dan periode penguncian. Pengguna bisa langsung menggunakan layanan jika sudah melakukan proses pendaftaran dan verifikasi yang ditentukan. Setelah proses tersebut selalu pengguna bisa langsung mendapatkan bunga sesuai aturan dan ketentuan. Hodlnaut diketahui akan  mengkredit bunga yang masih harus dibayar ke akun pengguna setiap minggu pada hari Senin..

Suku Bunga Hodlnaut

Mirip dengan BlockFi, Hodlnaut dapat menawarkan suku bunga yang menarik kepada pengguna dengan meminjamkan aset kepada pedagang margin yang diperiksa dengan cermat dalam bentuk pinjaman kripto. Di bawah ini adalah daftar aset yang didukung untuk interest account Hodlnaut.

* Ini adalah suku bunga tahunan efektif Hodlnaut, yang memperhitungkan efek majemuk

Di Hodlnaut kamu bisa memperkirakan berapa bunga yang berhak kamu dapatkan ketika meminjamkan aset di periode waktu tertentu. Ini bisa kamu coba langsung di website resmi Hodlnaut.

Penarikan Kapan Saja

Karena di platform ini tidak ada periode penguncian, maka pengguna bisa melakukan penarikan langsung kapan saja dan di mana saja.  Biaya penarikan di Hodlnaut secara teratur ditinjau dan disesuaikan berdasarkan kondisi blockchain. Saat ini, biaya penarikan dijaga seminimal mungkin dan sebagai berikut:

Keamanan & Risiko

Sebagai platform peminjaman kripto keuangan terpusat (CeFi), Hodlnaut mengharuskan penggunanya melalui proses verifikasi KYC. Hodlnaut diketahui  merupakan perusahaan Fintech Bersertifikat oleh Asosiasi Fintech Singapura (kredensial yang diakui oleh Otoritas Moneter Singapura).

Platform Hodlnaut berjalan di infrastruktur cloud AWS (Amazon Web Services) yang aman dengan semua lalu lintas terenkripsi SSL. Lebih lanjut, Hodlnaut menggunakan algoritme standar industri untuk pencirian kata sandi dan prosedur sambil mendorong pengguna untuk mengaktifkan autentikasi dua faktor (2FA) untuk transaksi akun. Mengambil pendekatan yang mengutamakan keamanan, tidak ada hot wallet di Hodlnaut.

Sedangkan untuk risiko, ada beberapa langkah yang diambil Hodlnaut untuk mencegah hilangnya dana adalah dengan menerapkan persyaratan modal yang ketat untuk rekanannya, Hodlnaut juga meminimalkan risiko gagal bayar dengan hanya meminjamkan dana ke pihak yang lolos kualifikasi dan telah meminjam kurang dari 1x dari Nilai Aktiva Bersihnya. Jika skenario terburuk  yakni default atau gagal bayar  terjadi, Hodlnaut berkomitmen akan menanggung kerugian dan membayar pengguna dari dana ekuitas mereka.

Kemudahan penggunaan

Platform Hodlnaut  cukup mudah digunakan dengan tampilan yang ramah terhadap pengguna, pengguna dapat memeriksa gambaran umum saldo aset dan riwayat transaksi di dasbor dengan mudah. Mereka juga dapat menyimpan, menarik, dan memeriksa bunga dengan cepat dalam dasbor yang sama.

Hal lain yang menarik adalah pengguna dapat membuat dan membagikan link afiliasi, kemudian mengajak banyak orang untuk menggunakan link afiliasi yang telah dibuat Semakin banyak pengguna yang menggunakan link afiliasi kamu, maka semakin banyak komisi yang bisa kamu dapatkan. Hodlnaut akan memberikan komisi 10% untuk setiap pengguna yang menggunakan link afiliasi kamu. 

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency