Kepala SEC Beri Tanggapan Soal DeFi! Peringatkan Potensi Regulasi

Naufal Muhammad

20th August, 2021

Kepala Securities and Exchange Commission (SEC) Gary Gensler, baru saja membuat pernyataan baru mengenai Sektor Decentralized Finance (DeFi).

Ia menyatakan bahwa DeFi adalah salah satu proyek yang tersentralisasi dan memerlukan regulasi namun alasan tambahan dibaliknya membuat investor geram.

Kepala SEC Beri Tanggapan DeFi

Gary Gensler menyatakan bahwa proyek-proyek di Sektor DeFi merupakan proyek crypto yang sangat tersentralisasi di beberapa aspek.

Pernyataan tersebut disampaikan akibat adanya beberapa kelompok inti yang diberikan insentif untuk memasarkan platformnya masing-masing.

Akibat pernyataan tersebut Gensler merasa bahwa Sektor DeFi wajib memiliki regulasi yang harus dirancang oleh SEC.

Pernyataan tersebut disampaikan pada 19 Agustus 2021 melalui wawancara dengan Wall Street Journal yang kemudian telah dipublikasi secara langsung.

Salah satu pernyataan yang membuat banyak investor geram adalah pernyataannya mengenai betapa tersentralisasinya DeFi. Ia menyatakan,

“Platform ini memberikan sesuatu hal yang terdesentralisasi, namun memiliki beberapa aspek yang sangat tersentralisasi.”

Walau seharusnya DeFi bergerak secara terdesentralisasi, Gary Gensler bersikeras bahwa ada beberapa pihak yang mengendalikannya. Ia menyatakan,

“Terdapat beberapa kelompok yang tidak hanya menciptakan perangkat lunak, namun juga mengajak orang untuk mempromosikan proyeknya. Selain itu mereka juga diajak untuk mencari sponsor dengan adanya insentif biaya.”

Pernyataan tersebut berhasil membuat beberapa pihak mempertanyakan pandangan Gary Gensler akibat dianggap melihat dari sisi yang salah.

Pernyataan Lanjutan Hari Ini

Gary Gensler nampaknya memberikan lanjutan dari komentarnya mengenai Sektor DeFi dalam wawancara yang berbeda pada hari ini.

Wawancara tersebut dilakukan dengan Fox Business pada 20 Agustus 2021 atau hari ini, dimana ia memberikan pernyataan tambahan.

Ia menyatakan bahwa DeFi merupakan sebuah sektor yang cukup tersentralisasi untuk diregulasi oleh SEC.

Oleh karena itu, saat ini SEC menyatakan bahwa para proyek DeFi diharap mulai mendaftarkan diri di bawah pemerintah melalui SEC. Ia menyatakan,

“Proyek DeFi ini sebenarnya sangat tersentralisasi, ada beberapa pebisnis di balik proyek ini. Mereka harus mendaftarkan diri dan bekerja bersama SEC untuk bergerak secara legal.”

Sebelumnya, Hester Peirce, Komisioner dari SEC, yang disebut dengan julukan “Bunda Crypto” memberi pandangan yang sama dengan cara lebih halus.

Ia mengingatkan bahwa adanya sistem “sentralisasi bayangan” di belakang sistem terdesentralisasi pada Sektor DeFi. Ia menyatakan,

“Jika pemerintah menemukan kelompok yang membuat suatu proyek DeFi bergerak secara tersentralisasi, pemerintah akan memanggil mereka. Jika ingin bergerak secara terdesentralisasi maka proyek tersebut harus benar bergerak secara terdesentralisasi.”

Saat ini SEC masih terlihat fokus terhadap beberapa kategori dalam kebijakan pengaturan crypto termasuk DeFi, platform pinjaman, penerbitan token, stablecoins, ETF, dan jasa penyimpanan dana.

Jika terdapat regulasi yang lebih ketat, kemungkinan besar investor harus bersiap untuk melihat beberapa proyek DeFi bergerak secara berbeda atau bahkan ditutup.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.