Kapitalisasi Pasar USDC Tumbuh Lebih Cepat Dibandingkan Tether

Wafa Hasnaghina

25th October, 2020

USDC, stablecoin yang dipatok dalam dolar AS, mengumumkan Solano sebagai blockchain keempat, tempat USDC beroperasi setelah Ethereum, Algorand, dan Stellar.

Setelah berita tersebut, berdasarkan data dari CoinMarketCap, kapitalisasi pasar USDC melonjak lebih dari $53 juta dan menjadi $2,791 miliar.

Saat ini, stablecoin tersebut berada diurutan ke-13 berdasarkan kapitalisasi pasar dan diperdagangkan sebanyak $566 juta dalam 24 jam terakhir. Dengan pertumbuhan pesat ini, USDC diprediksi akan menyaingi pesaing utamanya Tether (USDT).

Baca juga: Blockchain Stellar Jadi Rumah Baru Bagi Stablecoin USDC

Kapitalisasi pasar USDC terus berkembang pesat. Jumlah kapitalisasi pasar yang semula berada di $473 Juta pada Januari 2020 lalu, naik menjadi lebih dari $2,7 miliar pada bulan Oktober 2020. Ini disebabkan banyak orang yang terpaut pada USD yang lebih stabil untuk membeli mata uang crypto mereka.

Perkembangan DeFi baru-baru ini juga membuat nilai kapitalisasi pasar aset tersebut melonjak naik. Ditambah, keunggulan USDC berjalan di beberapa blockchain sekaligus membuatnya memiliki keuntungan besar. 

Saat ini, USDC berupaya untuk bisa melampaui dominasi stablecoin saingannya USDT dalam soal kapitalisasi pasar dan penggunaan lainnya. Dengan operasinya di blockchain Solano, Coinbase dan juga Circle, perusahaan yang menaungi USDC, berharap USDC akan segera naik ke peringkat 5 besar nantinya. 

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini