Joe Biden Siapkan Perintah Eksekutif untuk Crypto

Rossetti Syarief

30th January, 2022

Joe Biden dilaporkan akan mengeluarkan perintah eksekutif dalam beberapa minggu mendatang mengenai rencana lebih lanjut pemerintah Amerika Serikat terkait aset crypto.

Sebuah sumber mengatakan pada Barron bahwa perintah eksekutif tersebut akan dikeluarkan dalam memorandum keamanan nasional. 

Memorandum Biden akan menugaskan beberapa entitas pemerintah untuk mempelajari crypto, stablecoin, bahkan NFT dengan tujuan mengembangkan kerangka kerja peraturan yang dapat diterapkan.

Sumber yang dikutip tersebut mengatakan:

“Ini dirancang untuk melihat aset crypto secara holistik dan mengembangkan serangkaian kebijakan yang memberikan koherensi pada apa yang coba dilakukan pemerintah di ruang ini.”

Eric Balchunas, analis senior exchange-traded fund (ETF) di Bloomberg, mencatat bahwa pemerintahan Biden kini memandang crypto sebagai ancaman keamanan nasional yang mungkin juga berada di balik penolakan konstan terhadap ETF spot Bitcoin (BTC).

Sementara bagian lain dari undang-undang yang mengkhawatirkan industri crypto diusulkan oleh House Demokrat. 

Menurut Jerry Brito selaku executive director di Coin Center, satu ketentuan dalam RUU yang diusulkan akan memungkinkan Menteri Keuangan AS untuk melarang pertukaran crypto beroperasi tanpa sebuah pemberitahuan.

Brito juga meyakini jika RUU tersebut kemungkinan akan disahkan dalam beberapa versi.

Sementara itu, para pendukung di antara anggota parlemen berusaha untuk meminta keringanan dari undang-undang yang telah disetujui.

Apa Isi Perintah Eksekutif Cryto Tersebut?


Perintah eksekutif yang dilaporkan sedang dikembangkan untuk mengatasi tantangan ekonomi, peraturan, dan keamanan nasional yang ditimbulkan oleh aset crypto.

Ini juga akan mengeluarkan panggilan untuk berbagai lembaga federal untuk menyerahkan laporan pada paruh kedua tahun 2022.

Sementara itu, laporan utama diharapkan datang dari Dewan Pengawas Stabilitas Keuangan (FSOC), yang peran berkelanjutannya adalah memantau risiko terhadap sistem keuangan AS.

Laporan penting lainnya diharapkan untuk memeriksa risiko yang ditimbulkan oleh penggunaan cryptocurrency untuk memfasilitasi berbagai kegiatan ilegal.

Perintah eksekutif juga diharapkan untuk mengomentari kemungkinan mengeluarkan CBDC AS. Namun, mungkin akan menahan diri dari mengintai posisi tegas sementara The Fed terus mempelajari masalah ini.

Catatan penting, memproses dan menindaklanjuti komentar ini kemungkinan akan memakan waktu setidaknya beberapa bulan lagi.

Baca Juga: The Fed Rilis Laporan Terbaru Digital Dollar, Ini Isinya

Rossetti Syarief

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.

Rossetti memiliki minat menulis sejak SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini sedang mendalami bidang ekonomi, terutama yang berkaitan dengan investasi dan cryptocurrency.