Berita Bitcoin · 8 min read

Ini Alasan Kenapa Peredaran Bitcoin Dibatasi

Bitcoin sejauh ini terkenal sebagai mata uang digital yang paling terkenal. Total pasokan yang beredar saat ini dibatasi diangka 21 juta koin dan tidak pernah akan diubah. Pasokan maksimum Bitcoin tersebut telah ditetapkan oleh Satoshi Nakamato.

Selama ini informasi seputar alasan mengapa peredaran Bitcoin dibatasi hanya sedikit. Namun, Beincrypto menyimpan dokumen awal sejak Bitcoin dikenalkan dan akhirnya memahami alasan ini.

Sebagai permulaan, jumlah total yang Satoshi beredar adalah 21 juta BTC X 1.000.000.00. Angka ini merupakan floating-point IEEE. Ini akan membuat perhitungan jauh lebih mudah karena angka-angka ini biasanya digunakan dalam sistem operasi komputer.

Pada dasarnya , 21 juta itu dipilih untuk membuat perhitungan lebih sederhana. 21 juga merupakan angka segitiga yang membuatnya sangat menarik. Misalnya, jika kamu menumpuk 6 blok pada 5 blok pada 4 blok, dan seterusnya. Kamu bisa membuat segitiga sama sisi dengan total 21 blok.

Alasan Peredaran Bitcoin Hanya 21 juta Menurut Pesan Satoshi Nakamoto

Alasan lain dari ketetapan 21 juta ini, pernah diarsipkan oleh Satoshi, penemu Bitcoin pertama. Ia memberikan pesan dengan menyebut ini sebagai pilihan sulit karena jika jaringannya terkunci, maka kami akan terjebak dengannya. Berikut ini adalah pernyataan lengkap Satoshi. 

“ Jika kamu membayangkannya, ini digunakan untuk sebagian kecil dari perdagangan dunia, maka hanya akan ada 21 juta koin untuk seluruh dunia, ini akan membuat per unitnya menjadi lebih bernilai. Nilainya adalah bilangan bulat 64-but dengan 8 tempat desimal, sehingga 1 koin direpresentasikan secara internal sebagai 100000000. Ada banyak rincian jika harga tipikal menjadi kecil. Misalnya, jika 0,0001 bernilai 1 Euro, maka mungkin aan lebih mudah untuk mengubah di mana titik desimal akan ditampilkan. Jadi, jika kamu memiliki 1 Bitcoin sekarang, akan ditampilkan sebagai 1000, dan 0,001 ditampilkan sebagai 1,” catat Satoshi dilansir dari Beincrypto.

Menilai dari pesan yang Satoshi berikan, bisa disimpulkan bahwa Satoshi secara aktif memberikan harapan positif bahwa kemungkinan Bitcoin akan menjadi mata uang dunia.

Kemudian, angka 21 juta bagi jumlah peredaran Bitcoin tidak lepas dari fakta bahwa harus ada nomor batasan yang dipilih. 21 juta juga memiliki semua dimensi yang mudah dihitung dan menjadikannya angka yang ideal.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.