Ini 3 Faktor Harga XRP Melonjak Hingga 91% dalam Sebulan

Wafa Hasnaghina

24th November, 2020

Dalam sebulan terakhir, harga XRP melonjak lebih dari 91%. Aset crypto ini berhasil mendapatkan momen dan berlari bersama Bitcoin (BTC) serta Ether (ETH). Katalis yang mungkin menyebabkan rally XRP ini adalah meningkatnya address unik XRP, pembalian kembali Ripple, dan kemungkinan adanya peluncuran produk baru.

Alamat XRP Unik Meningkat

Data on-chain mengindikasikan keseluruhan sentimen pada pasar crypto lantaran mencerminkan secara akurat aktivitas yang terjadi di blockchain.

Dalam kasus XRP, alamat yang aktif dan berinteraksi secara langsung dengan XRP melonjak pada akhir November ini. Tren meningkat ketika mata uang crypto tersebut naik 27% dalam satu hari pada 22 November.

Analis di Santiment, sebuah firma analisis on-chain, mengatakan lonjakan drastis dalam satu hari tersebut disebabkan jumlah alamat yang aktif merupakan yang terbesar sejak 1 Mei. Mereka menulis,

“Harga Ripple meroket +27% hari ini, dan jumlah alamat unik yang bertransaksi di jaringan $XRP dalam satu hari (24.408) merupakan output tertinggi sejak 1 Mei.”

Aktivitas alamat aktif tersebut dapat meningkat seiring dengan kenaikan harga. Hal ini lantaran jumlah alamat yang mengumpulkan XRP dapat meningkatkan lonjakan nilainya. Kedua, mungkin ada lonjakan umum dalam aktivitas pengguna di blockchain.

BuyBack Ripple Dorong Harga XRP Lebih Tinggi

Selama kuartal ketiga tahun 2020, Ripple membeli XRP senilai $45,5 juta dalam program pembelian kembali. Perusahaan menggambarkan inisiatif tersebut sebagai langkah untuk mendukung pasar yang sehat.

Ringkasan penjualan yang terdaftar pada laporan Q3 2020 merinci total pembelian sebesar $45,5 juta. Laporan itu berbunyi:

“Seperti yang ditunjukkan dalam Laporan Pasar XRP Kuartal 2 2020, Ripple membeli, dan mungkin akan terus membeli XRP untuk mendukung pasar yang sehat.”

Program pembelian kembali seperti ini dapat berakibat pada permintaan pembeli atas suatu aset meningkat, baik itu saham, komoditas, ataupun mata uang crypto.

Meskipun $45,5 juta mungkin bukan angka yang cukup besar untuk secara signifikan memengaruhi nilai XRP di pasar pertukaran mata uang kripto, itu bisa mendukung sentimen pasar terkait aset tersebut.

Ripple Luncurkan Layanan Baru?

Pada awal November, Ripple Labs mengajukan merek dagang untuk produk yang disebut Paystring kepada Kantor Paten dan Merek Dagang AS (USPTO).

USPTO menjelaskan Paystring merupakan produk dalam kategori layanan keuangan elektronik yang melayani penerimaan dan pengiriman uang. Perwakilan kantor tersebut menjelaskan,

“Pendaftaran merek dagang PAYSTRING dimaksudkan untuk mencakup kategori layanan keuangan elektronik, yaitu, layanan moneter untuk menerima dan mencairkan pengiriman uang dan hadiah moneter dalam mata uang fiat dan virtual melalui jaringan komputer dan untuk menukar mata uang fiat dan virtual melalui jaringan komputer.”

Beberapa faktor ini menyebabkan rally tertinggi selama 16 bulan terakhir. Hal ini juga membuat XRP naik ke level yang belum pernah terlihat sejak November 2018 silam.

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini