Ini 12 Tokoh Penggerak Industri Blockchain dan Crypto di Indonesia

By Felita Setiawan     Monday, October 22 2018

Ini 12 Tokoh Penggerak Industri Blockchain dan Crypto di Indonesia. Industri Blockchain semakin berkembang di Indonesia dengan meningkatknya jumlah pengguna mata uang kripto atau cryptocurrency. Berbagai perkembangan dari segi teknis pun semakin marak terlihat dengan munculnya banyak project-project berbasis teknologi yang berusaha menyelesaikan permasalahan nyata di Indonesia. Di balik perkembangan pesat ini, terdapat beberapa tokoh penggerak industri blockchain yang memang berperan besar dalam memajukan perkembangan industri di dunia blockchain dan cryptocurrency di Indonesia. Mari simak ke-12 tokoh tersebut di bawah ini!

1. Oscar Darmawan

oscar darmawan, indodax

Lima tahun yang lalu di tahun 2013, Oscar mendirikan Bitcoin.co.id yang sekarang lebih dikenal dengan Indodax, platform exchange terbesar di Indonesia. Sering disebut-sebut sebagai Mr. Bitcoin, dalam sebuah interview Maret 2018 lalu, Oscar menyebutkan bahwa jumlah trader di Indodax akan segera melampaui jumlah trader saham yang terdaftar di Indonesia. Oscar juga merupakan pendiri Tokenomy.

2. Steven Suhadi

steven suhadi, asosiasi blockchain indonesia

Adalah chairman/ketua dan pendiri Asosiasi Blockchain Indonesia. Steven terlibat cukup dalam dan memiliki pengaruh besar pada industri blockchain dan cryptocurrency di Indonesia, berhubungan dengan banyak institusi seperti perusahaan korporat, perusahaan startup, dan juga pemerintahan. Steven memiliki beberapa perusahaan blockchain dan crypto yang hadir di Indonesia dan Asia Tenggara, seperti Standard Alpha, Blocktech, and Blockchain Space, di mana semuanya berfokus pada pengembangan ekosistem blockchain.

3. Yos Adiguna Ginting

yos ginting, asosiasi blockchain indonesia

Adalah ketua penasehat Asosiasi Blockchain Indonesia, Yos juga memegang peran senior di Indonesia Service Dialogue (ISD), PT HM Sampoerna Tbk., dan juga di Kamar Dagang Indonesia (KADIN).

4. Pandu Sastrowardoyo

pandu sastrowardoyo, blockchain zoo

Co-founder dan Badan Direksi di Blockchain Zoo, dan juga Sekretaris Umum di Asosiasi Blockchain Indonesia, Pandu merupakan pembicara yang cukup dikenal di berbagai acara dan konferensi Blockchain di Indonesia dan Asia Tenggara. Melihat luasnya pengetahuan Beliau di bidang konsultasi dan network yang dimiliki, Pandu adalah seorang evanjelis bagi perkembangan dunia Blockchain di Indonesia.

5. Constantin Papadimitriou

constantin papadimitriou, pundi x

Adalah presiden dari Pundi X, sebuah project Blockchain yang memimpin dan memberikan dampak global yang luar biasa pada dunia Blockchain dan crypto. Constantin juga pendiri Infinetworks, sebuah perusahaan penyedia solusi pembayaran dan e-banking di Indonesia.

6. Indrasari Wisnu Wardhana

indrasari wisnu wardana, bappebti

Kini menjabat sebagai Kepala Bappebti – Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi. Bappebti merupakan badan pemerintahan yang mengatur pertukaran aset digital di Indonesia, berhubungan dengan para pemain exchange, badan pemerintahan lainnya, serta Asosiasi Blockchain Indonesia dalam mengembangkan dan menyaring regulasi yang berkaitan dengan aset digital.

Baca Juga: Mengenal Asosiasi Blockchain Indonesia

7. Regi Wahyu

regi wahyu, hara

Regi adalah pendiri dan CEO HARA, sebuah platform teknologi berbasis blockchain yang berfokus pada sektor agrikultur di beberapa negara di Asia, Africa, dan Amerika Selatan. HARA mendapat banyak dukungan dari sektor perbankan, perusahaan-perusahaan asuransi Amazon Web Services (AWS), dan juga memiliki salah satu komunitas Blockchain terkuat di Indonesia. Regi juga memiliki rekam jejak yang sudah terbukti di dunia startup dan perusahaan multinasional, ia juga tergabung dalam bagian Endeavor network, yang merupakan jaringan entrepreneur berpengaruh.

8. Merlina Li

merlina li, indonesia blockchain network

Salah satu pendiri Indonesia Blockchain Network (IBN) – sebuah komunitas berisikan para penggiat Blockchain. Melalui IBN, Merlina memiliki pemahaman mendalam akan seluk beluk komunitas blokchchain dan crypto di Indonesia.

9. Roberto Capodieci

roberto capiodeci, blockchain zoo

Merupakan seorang ahli/pakar dalam dunia programmer blockchain. Berasal dari Itali, Roberto kini menetap di Ubud, Bali sebagai CEO Blockchain Zoo. Robert memiliki puuhan tahun pengalaman dalam dunia programing blockchain dan crypto.

10. Gilang Bhagaskara

gilang bhagaskara, blockcsphere

Adalah Direktur Teknis Blocksphere, sebuah perusahaan terkemuka pengembang software blockchain di Indonesia. Keahlian Gilang dalam Solidity dan kerangka Blockchain lainnya telah membawa Blocksphere menjadi mitra dari beberapa perusahaan terkemuka di Indonesia.

11. Luke Devern

luke devern, asia crypto network

Berbasis di Asia Tenggara, Luke adalah co-founder dari Indonesia Crypto Network (ICN), yang merupakan jaringan media blockchain dan crypto terbesar di Indonesia. ICN memiliki jumlah audiens yang terdiri dari para penggiat crypto mencapai hampir 1 juta yang tersebar di berbagai platform seperti facebook, telegram, youtube, dan lain-lain.

12. Jeremiah Purba

jeremiah purba, norton rose fullbright

Pengacara di Norton Rose Fullbright (NRF) yang merupakan firma hukum resmi dari Asosiasi Blockchain Indonesia. NRF juga merupakan firma hukum terkemuka di bidang blockchain dan cryptocurrrency di Australia, membantu Asosiasi Perdagangan Digital Australia (ADCA). Jeremiah memiliki pengalaman dalam membantu banyak project blockchain dan crypto dalam memasuki industri bisnis di Indonesia.

Nah sekian beberapa bahasan tokoh penggerak industri blockchain dan aset kripto di Indonesia. Ke depannya, tokoh penggerak industri blockchain di Indonesia pasti akan bertambah seiring dengan semakin berkembangnya industri blockchain di tanah air.