Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Indonesia Blockchain dan Cryptocurrency Landscape 2020

Felita Setiawan     Friday, February 21 2020

Indonesia Blockchain dan Cryptocurrency Landscape 2020. Ekosistem blockchain dan cryptocurrency (digital aset) yang tengah berkembang dengan sangat cepat membuat banyak perusahaan maupun proyek berbasis blockchain bermunculan di Indonesia. Berikut adalah daftar lengkap entitas yang bergerak di bidang blockchain dan cryptocurrency di Indonesia di tahun 2020, menurut Asosiasi Blockchain Indonesia (A-B-I).

Asosiasi Resmi dan Badan Pemerintahan

Ada beberapa asosiasi dan badan pemerintahan yang mengorganisir pelaku blockchain di Indonesia. Di antaranya:

1. Asosiasi Blockchain Indonesia (A-B-I)

Asosiasi Blockchain Indonesia (A-B-I) adalah perkumpulan yang dibentuk dengan tujuan untuk mensosialisasikan blockchain kepada masyarakat terutama pelaku crypto agar dapat memahami dan memanfaatkan blockchain secara optimal. A-B-I juga menjadi jembatan antara komunitas blockchain dengan badan pemerintahan.

2. BAPPEBTI

BAPPEBTI adalah Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi yang bertugas mengawasi dan mengatur perdagangan berjangka di Indonesia. BAPPEBTI secara aktif merumuskan regulasi akan mata uang kripto di Indonesia.

3. Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

OJK adalah lembaga independen yang berfungsi melakukan pengaturan dan pengawasan atas kegiatan yang melibatkan jasa keuangan di Indonesia. OJK sendiri sedang dalam tahap mengkaji penerapan mata uang kripto di Indonesia.

4. Bank Indonesia

Bank Indonesia sebagai sentral kebijakan moneter di Indonesia sedang melakukan kajian penerbitan Central Bank Digital Currency (CBDC) yang rencananya akan selesai pada tahun 2020.

5. Kementerian Komunikasi dan Informasi dan Informatika (Kemkominfo)

Kemkominfo adalah lembaga kementerian republik Indonesia yang membidangi komunikasi dan informatika. Menanggapi perkembangan teknologi Blockchain, Kemkominfo juga tak kalah tanggap dalam menyambut teknologi baru ini. Kemkominfo sering menyelenggarakan diskusi publik bertemakan blockchain guna mendorong edukasi ke masyarakat.

6. Kementrian Perdagangan

Kementerian Perdagangan Republik Indonesia adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan perdagangan. Kementrian ini pun membawahai beberapa direktorat salah satunya adalah Bappebti yang merumusakan regulasi mata uang kripto di Indonesia

7. Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mempunyai tugas menyelenggarakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan Kementerian dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang perekonomian.

8. Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) merupakan lembaga sentral (focal point) yang mengkoordinasikan pelaksanaan upaya pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang di Indonesia..

9. Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN)

KADIN Indonesia, adalah organisasi pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang perekonomian

10. Indonesia Service Dialouge Council (ISD)

ISD) adalah dewan terkemuka di Indonesia untuk sektor jasa. ISD mempertemukan perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia, asosiasi bisnis profesional, dan akademisi dengan berbagai topik diskusi di berbagai forum.

11. Himpunan Pengusaha Muda Indonesia  (HIPMI)

HIPMI merupakan sebuah organisasi independen yang merupakan kumpulan para pengusaha muda Indonesia yang bergerak dalam bidang perekoNomian.

12. Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya (Polda Metro Jaya)

Polda Metro Jaya adalah pelaksana tugas Kepolisian RI di wilayah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Media dan Informasi

Penggunaan media dan penyebaran informasi sangat penting bagi keadaan ekosistem blockchain dan cryptocurrency di Indonesia. Beberapa media yang bergerak di bidang blockchain dan cryptocurrency diantaranya:

1. Coinvestasi.com

Coinvestasi adalah sebuah platform media Indonesia terkemuka untuk acara dan informasi terkait mata uang kripto, aset digital, dan teknologi blockchain.

2. Blockchainmedia.id

Platform yang bermarkas di Medan merupakan platform yang dibangun atas kepedulian komunitas dan pegiat blockchain di Indonesia.

3. Coin Daily

Sebuah portal berita cryptocurrency pertama Indonesia yang menghadirkan berita seputar coin, blockchain dan crypto.  

4. Cryptocurrency.id

Platform yang menyediakan panduan, statistik untuk memantau dan memberikan informasi seputar aset kripto

5. Bitcoinnews.indo

Layanan media online yang mencakup berita bitcoin, prediksi harga bitcoin dan analisa teknis.

6. Dunia fintech

Dunia Fintech adalah media informasi digital yang memuat berita seputar dunia fintech (financial technology), aset digital, blockcgain, perkembangan startup, investor, regulasi dan lain sebagainya

7. Kabarcoin

Kabarcoin adalah salah satu media yang membahas tentang Bitcoin, Trading, Studi kasus terkait aset kripto

8. Friends with Blockchain

Sebuah platform untuk belajar seputar blockchain

9. Chainsight

Platform media yang memberikan informasi seputar cryptocurrency

10.  Aliansi Koin

Aliansi Koin adalah komunitas yang bertujuan untuk memperluas kesadaran blockchain di seluruh Indonesia..

11. Kuliah Aset Kripto

Platform yang memberikan pengetahuan aset kripto dengan bahasa yang personal.

12. Bitcoinmedia

Media Informasi Belajar Bitcoin Dan Cryptocurrency di Indonesia. Menyajikan berbagai informasi Bitcoin, Altcoin, Token, ICO, dan lainnya

13. Jelajahcoin

Platform media yang memberikan begabagai macam informasi atau berita seputar aset digital cryptocurrency dan teknologi blockchain.

Proyek Berbasis Teknologi Blockchain

Untuk meningkatkan ekosistem blockchain dan cryptocurrency membutuhkan dukungan dari berbagai pihak. Berikut beberapa perusahaan yang mendukung industri blockchain.

1. IDRT

IDRT adalah stable coin dari Indonesia. Rupiah Token (IDRT) memungkinkan Anda untuk menggunakan Rupiah Indonesia langsung di atas Ethereum & Binance Chain. Anda dapat menggunakan IDRT untuk berdagang di Mitra Crypto-Exchange Rupiah Token (IDRT).

2. PlayGame

PlayGame merupakan sebuah platform gaming berbasis blockchain yang menciptakan ekosistem gaming dengan memanfaatkan mata uang kripto.

3. Pundi X

Pundi X adalah jasa layanan Point-of-Sale (POS) multi-currency untuk toko ritel yang menerima pembayaran menggunakan mata uang kripto.

4. HARA

Sebuah platform pertukaran data (big data exchange) yang berbasis teknologi blockchain.

5. Honest Mining

Platform jasa layanan mining aset digital yang menggunakan sistem masternode dalam cloud mining.

6. Lyfe

Sebuah platform yang mempromosikan gaya hidup sehat menggunakan teknologi blockchain.

7. Rupiah token

Token berbasis blockchain Ethereum (ERC20-Token) yang memiliki harga merefleksikan rupiah yang dikeluarkan oleh PT Rupiah Token Indonesia, salah satu perusahaan startup Indonesia.

8. Online Pajak

Online Pajak adalah Aplikasi atau software pajak yang memudahkan proses administrasi pajak, dimana memampukan perusahaan untuk Hitung, Setor, dan Lapor pajak perusahaan secara online

9. Duitku

Duitku adalah social payment gateway ang menydiakan jasa pembiayaan online dan meawarkan beragam metode pembayaran online.

10. IDK

IDK adalah sebuah stablecoin yang dipatok sebesar 1:1000 IDR (Rupiah), dibangun diatas jaringan Ethereum sesuai dengan standar token ERC20.

11. IDR Private

IDR Private (IDRP) adalah aset kripto yang menggunakan teknologi blockchain

untuk menjaga aset agar selalu aman, perpindahan aset secara efisien dan cepat

12. Swipe

Swipe adalah aplikasi dompet digital multi-aset dan kartu debit Visa yang memungkinkan pengguna membeli, menjual, dan menghabiskan berbagai cryptocurrency. Swipe menggunakan blockchain Ethereum untuk mengoperasikan Swipe Network.

13. Tokenomy

Tokenomy atau Token Economy yang memiliki satuan nilai TEN adalah sebuah platform berbasis ERC 2.0 (Ethereum / ETH) yang digunakan untuk men-tokenisasi suatu produk apapun, baik untuk keperluan donasi, loyalty, maupun Crowdfunding

Exchange dan OTC

Exchange dan Over the Counter (OTC) adalah proses pertukaran dan jual beli cryptocurrency. Di Indonesia sudah banyak perusahaan yang menyediakan layanan platform exchange dan OTC cryptocurrency, di antaranya:

1. Indodax

Sebuah marketplace jual beli aset digital (cryptocurrency) yang menyediakan pertukaran menggunakan mata uang Rupiah (IDR). Saat ini Indodax merupakan exchange terbesar di Asia Tenggara.

2. Rekeningku.com

Platform lokal Indonesia tempat penukaran berbagai mata uang digital kepada institusi dan profesional..

3. Triv

Situs beli dan jual berbagai e-currency, broker secara real-time dari 100 bank di Indonesia yang beroperasi selama 24 jam tanpa offline.

4. Bitocto

Platform marketplace online yang menghubungkan orang yang membeli atau menjual aset digital dengan Rupiah (IDR).

5. Tokocrypto

Adalah perusahaan OTC yang memberikan pelayanan jual beli aset crypto seperti Bitcoin dan Ethereum.

6. Upbit

Platform yang memperdagangkan berbagai altcoin seperti Bitcoin, Ethereum, Bitcoin Cash, Ripple, Litecoin, Dash, Neo.

7. GOPAX

Sebuah platform layanan pertukaran aset digital terintegrasi yang menawarkan pertukaran dengan fitur keamanan kelas satu.

8. Pintu

Layanan jual-beli, transfer, dan mendepositkan krypto.

9. DigitalExchange.id

Platform exchange untuk jual beli mata uang kripto dengan fitur-fitur seperti transaksi cepat, digital wallet terpercaya, dan transaksi yang aman.

10. Luno

Platform yang memfasilitasi penyimpanan dan transaksi mata uang kripto seperti Bitcoin dari proses pembelian, penjualan dan pembayaran melalui wallet Bitcoin mereka

11. Binance

Platform exchange cryptocurrency yang menyediakan jual beli ragam aset kripto dengan berbagai pilihan mata uang

12. Zipmex

Platform penukaran aset digital yang berfokus untuk menyediakan investor retail and institusi kemampuan untuk berinvestasi mata uang kripto dengan aman.

Konsultan dan Pengembangan

Pengembangan Indonesia blockchain dan cryptocurrency didukung oleh perusahan yang menyediakan layanan jasa konsultasi dan pengembangan bagi perusahaan startup berbasis blockchain. Di antaranya ada beberapa perusahaan berikut

1. Blocktech

Perusahaan jasa yang menawarkan jasa konsultansi di bidang Blockchain & Cryptocurrenc

2. Blockchain Zoo

Sebuah consulting company di Indonesia yang hanya fokus di Blockchain consulting, disebut sebagai perusahaan yang bersifat technologically agnostic, dan sama sekali tidak bermain di cryptocurrency dan trading

3. Standard Alpha

Perusahaan yang menyediakan layanan dan jasa penasihat/konsultasi untuk perusahaan atau bisnis yang ingin berinovasi menggunakan teknologi blockchain

4. BlockSphere

Perusahaan pelopor solusi IT di Indonesia yang berfokus memberikan bantuan berupa konsultasi kepada perusahaan yang berfokus pada teknologi blockchain.

5. Rosebay

Perusahaan blockchain yantg bergerak dalam pembuatan aplikasi untuk mencatat transaksi dengan keamanan dan akuntabilitas tinggi.

6. Blocktogo

7. Termindo

TEMINDO (Teknologi Mandiri) Temindo adalah perusahaan yang  menyediakan solusi otomasi bisnis berbasis blockchain untuk berbagai perusahaan di Indonesia.

Komunitas dan Ekosistem

Sudah banyak komunitas blockchain dan cryptocurrency yang bermunculan di Indonesia. Komunitas-komunitas ini ditujukan sebagai bentuk dukungan untuk pengembangan blockchain.

1. Indonesia Crypto Network (ICN)

Indonesia Crypto Network adalah agensi yang menawarkan jasa layanan marketing premium untuk proyek blockchain dan cryptocurrency internasional.

2. Senarai

Senarai  adalah pemandu. Yang akan menjadi bagian tim dari perusahaan yang ingin menerapkan blockchain

3. Nodes Community

Komunitas yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran publik tentang teknologi blockchain di Indonesia

4. Indonesia Blockchain Network (IBN)

Indonesia Blockchain Network adalah sebuah komunitas yang mengedukasi dan mendorong perkembangan teknologi blockchain di Indonesia dan secara rutin melakukan mengadakan pelatihan dan meetup untuk memberikan edukasi terkait blockchain.

5. CRYPTOWATCH

Adalah komunitas terbuka yang fokus pada diskusi, kolaborasi, dan edukasi seputar cryptocurrency. Cryptowatch memiliki komunitas online Telegram yang cukup aktif setiap harinya.

6. Ethereum Meetup Indonesia (EMI)

Merupakan komunitas yang bergerak dalam pengembangan teknologi Ethereum di Indonesia. EMI seringkali mengadakan acara diskusi mengenai blockchain.

7. COINFEST

Coinfest adalah festival kripto yang menyajikan analisis fundamental dan teknikal dari mata uang kripto dengan melibatkan pemain-pemain kunci di pasar Indonesia.

8. Forum Bitcoin Indonesia

Adalah forum resmi yang berfokus pada diskusi blockchain dan cryptocurrency di Indonesia.

9. Blockchain Innovation Center (BIC)

Indonesia Blockchain Innovation Center (BIC) adalah sarana yang berfokus pada inovasi teknologi blockchain di Indonesia. Seperti memberikan edukasi, mempromosikan, dan melakukan kerja sama dengan pihak pemerintah dalam mengembangkan teknologi blockchain.

Teknologi Protokol

Protokol dibutuhkan dalam industri blockchain untuk pengembangan IT Indonesia blockchain. Berikut daftar perusahaan protokol blockchain di Indonesia.

1. Hyperledger

Adalah sebuah open source yang diciptakan oleh Linux Foundation untuk meningkatkan teknologi blockchain Indonesia.

2. Ethereum

Ethereum adalah platform terdesentralisasi yang mengelola smart contract. Platform ini diprogram dengan kemungkinan kecil terjadinya downtime, sensor, penipuan, dan campur tangan pihak ketiga.

3. JPMorgan Quorum

JPMorgan Quorum adalah versi Ethereum yang berfokus pada perusahaan. Quorum bisadigunakan untuk aplikasi apa pun yang membutuhkan kecepatan tinggi dan pemrosesan throughput tinggi dari transaksi pribadi dalam kelompok yang diizinkan dari peserta yang dikenal.

4. F(X)

F(x) adalah platform blockchain buatan Pundi X yang membuat seluruh aplikasi, website, komunikasi, dan data menjadi terdesentralisasi dalam satu jaringan blockchain F(x).

5. Ziliqa

Zilliqa adalah blockchain publik pertama yang mengimplementasikan sharding pada mainnet-nya, memberikan kinerja tinggi dan keamanan tinggi untuk perusahaan dan aplikasi.

6. Vexanium

Project public blockchain yang memiliki platform teknologi blockchain-nya sendiri yang biasa disebut dengan “mainnet, atau yang berarti developer/programmer bisa membuat aplikasi dengan Vexanium

7. Zoo Blockchain

Zoo Blockchain adalah asosiasi global para pakar Blockchain dan Teknologi Informasi.

8. Ledger Now

LedgerNow memberikan integrasi tanpa batas untuk perusahaan ke mitra bisnis mereka dan meningkatkan kepercayaan dengan jaringan buku besar atau ledger network yang didistribusikan.

9. Binance Chain

Binance Chain adalah proyek blockchain yang diprakarsai oleh Binance dan sejak itu melibatkan seluruh komunitas Binance

10. Tomochain

TomoChain adalah blockchain scalable yang ditenagai melalui konsensus Proof-of-Stake Voting dan digunakan secara komersial oleh perusahaan-perusahaan secara global.

11. Waves

Waves adalah platform blockchain yang dapat Anda gunakan untuk membuat token khusus Anda sendiri

Perusahaan dan lembaga yang disebutkan di atas adalah lembaga yang berpengaruh dalam Indonesia Blockchain ekosistem sampai tahun 2020. Kami terlewatkan sesuatu? Kontak kami melalui email ke [email protected]

Point Penting

  • Bagaimana perkembangan cryptocurrency Indonesia?

    Ekosistem blockchain dan cryptocurrency (digital aset) yang tengah berkembang dengan sangat cepat membuat banyak perusahaan maupun proyek berbasis blockchain bermunculan di Indonesia

  • Siapa yang membuat regulasi cryptocurrency Indonesia?

    BAPPEBTI secara aktif merumuskan regulasi cryptocurrency Indonesia

  • Apa media cryptocurrency Indonesia terpercaya?

    Coinvestasi adalah sebuah platform media Indonesia terkemuka untuk acara dan informasi terkait mata uang kripto, aset digital, dan teknologi blockchain.