Berita Blockchain · 8 min read

India Persiapkan Strategi Nasional Untuk Penerapan Blockchain

Pemerintah India sedang mengerjakan strategi nasional untuk penerapan teknologi blockachain. Dilansir dari India Times pada 27 November.

Menteri Negara untuk Pengembangan Sumber Daya Manusia, Komunikasi dan Elektronika dan TI, Sanjay Dhotre mengakui potensi blockchain diberbagai sektor. Seperti, tata kelola, perbankan, keuangan dan keamanan siber. 

“ Mempertimbangkan potensi penerapan blockchain dan kebutuhannya bagi infrastruktur bersama, maka pendekatan tentang Kerangka Blockchain Tingkat Nasional sedang dipersiapkan, “ kata Dhotre.

Dalam paparannya Dhotre juga menjelaskan bahwa Kementerian Elektronika dan Teknologi Informasi (MeitY) berencana untuk meningkatkan dan menyebarkan teknologi blockchain secara luas, serta menggambarkannya sebagai salah satu bidang penelitian penting.

Ia juga menambahkan, jika kementeriannya bermaksud untuk bekerja sama dengan Institut Pengembangan & Penelitian Teknologi Perbankan (IDRBT) dan lembaga pemerintah lainnya dalam inisiatif ini.

Baca Juga : Teknologi Blockchain Cara Argentina dan Korea Selatan Tingkatkan Ekonomi

Negara Bagian India Sudah mengembangkan Kebijakan Bagi Penerapan Blockchain

Sebelumnya, Tamil Nadu negara bagian India tengah mengerjakan kebijakan lokal untuk teknologi blockchain dan kecerdasan buatan. Kebijakan di Al Tamil Nadu diharapkan dapat menjadi aturan dasar bagi pemerintah negara bagian untuk menerapkan blockchain demi melakukan pelayanan dan menyelesaikan masalah tata kelola.

Awal tahun ini negara bagian Telangana di India Selatan juga mengeluarkan rancangan inisiatif kebijakan blockchain yang bertujuan untuk membangun ekosistem bagi start up dan lembaga penelitian blockchain.

Inisiatif ini memilki fokus khusus untuk mengembangkan aplikasi blockchain untuk sektor perbankan dan keuangan, farmasi, logistik, dan solusi bagi sektor pemerintahan.

Di Juli lalu, regulator telekomunikasi India juga mengamanatkan kalau semua perusahaan telekomunikasi harus menggunakan blockchain untuk melindungi pelanggan dari spam.

Sikap India Terhadap Blockchain

India menunjukan sikap positf terhadap blockchain, namun pandangan negara tersebut terhadap cryptocurrency jelas-jelas negatif. Pada Juli lalu, pemerintah India mengusulkan rancangan undag-undang yang berjudul “ Larangan Cryptocurrency & Peraturan Mata Uang Digital Resmi”.

RUU ini dimaksudkan untuk mengatur larangan terhadap penggunaan kripto di negara tersebut dan memperkenalkan “Digital Rupee” yang dikeluarkan oleh Reserve Bank of India.

Jika strategi nasional penerapan blockchain ini dijalankan, menarik melihat perkembangan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia tersebut untuk membuat sistem di segala bidang menjadi lebih mudah dijalankan dan tertata dengan rapi.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.