Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Hati-Hati Ada Malware di Android Targetkan Wallet Coinbase!

Wafa Hasnaghina     Sunday, September 27 2020

Sebuah laporan menemukan, virus Trojan baru yang disebut Alien menyerang aplikasi crypto di ponsel berbasis Android. Malware komputer ini menargetkan beberapa wallet dari platform terkenal seperti Coinbase, Blockchain.com, dan Luno. 

Malware di Android

Jenis malware baru ini memiliki dasar trojan Cerberus yang terkenal sangat lihai dalam melancarkan aksinya dalam merusak data file yang diserangnya. Malware tersebut membawa malapetaka di Google Play Store sampai tim pengembang harus turun tangan dengan terus berupaya membasmi Ceberus ini dengan Google Play Protect. 

Alien ini menargetkan 226 aplikasi Android yang sebagian besar berada di industri perbankan. Selain mencuri kredensial penggunanya, malware ini dapat menyusup ke dalam aplikasi, menghapus aplikasi tersebut, dan bahkan menghambat update serta pemberitahuan terbaru dari aplikasi yang diserang. 

Baca juga: Malware Glupteba Gunakan Jaringan Bitcoin Kirim Pesan Rahasia

Belum diketahui dari mana target-taget malware tersebut didapatkan. Pasalnya, malware tersebut terlihat menyerang secara acak tanpa melihat seberapa besar perusahaan dari platform besar tersebut berasal. Hal ini terlihat dari penyerangan terhadap Luno yang terbilang perusahaan yang lebih kecil dibandingkan Coinbase dan Blockchain.com. Sedangkan, Binance yang merupakan raksasa di bidang cryptocurrency, terhindar dalam penyerangan ini.

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini