Berita Blockchain · 7 min read

Hati-Hati Ada Malware di Android Targetkan Wallet Coinbase!

Sebuah laporan menemukan, virus Trojan baru yang disebut Alien menyerang aplikasi crypto di ponsel berbasis Android. Malware komputer ini menargetkan beberapa wallet dari platform terkenal seperti Coinbase, Blockchain.com, dan Luno. 

Malware di Android

Jenis malware baru ini memiliki dasar trojan Cerberus yang terkenal sangat lihai dalam melancarkan aksinya dalam merusak data file yang diserangnya. Malware tersebut membawa malapetaka di Google Play Store sampai tim pengembang harus turun tangan dengan terus berupaya membasmi Ceberus ini dengan Google Play Protect. 

Alien ini menargetkan 226 aplikasi Android yang sebagian besar berada di industri perbankan. Selain mencuri kredensial penggunanya, malware ini dapat menyusup ke dalam aplikasi, menghapus aplikasi tersebut, dan bahkan menghambat update serta pemberitahuan terbaru dari aplikasi yang diserang. 

Baca juga: Malware Glupteba Gunakan Jaringan Bitcoin Kirim Pesan Rahasia

Belum diketahui dari mana target-taget malware tersebut didapatkan. Pasalnya, malware tersebut terlihat menyerang secara acak tanpa melihat seberapa besar perusahaan dari platform besar tersebut berasal. Hal ini terlihat dari penyerangan terhadap Luno yang terbilang perusahaan yang lebih kecil dibandingkan Coinbase dan Blockchain.com. Sedangkan, Binance yang merupakan raksasa di bidang cryptocurrency, terhindar dalam penyerangan ini.

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.