Berita Mining · 6 min read

Musim Hujan di Sichuan Segera Selesai, Hashrate BTC Merosot

Agregator data penambangan mengaitkan penurunan tingkat hash Bitcoin pada akhir musim hujan di Sichuan. Hal ini mengakibatkan banyak penambang bermigrasi ke wilayah lain. Pada 26 Oktober, Thomas Heller dari blog penambangan Bitcoin (BTC) Hashr8 melaporkan. Sekitar 22 exahash per detik (EH / dtk) daya penambangan telah meninggalkan jaringan Bitcoin. Hasil tersebut bertepatan dengan akhir musim pada hari sebelumnya (berdasarkan cuaca perkiraan).

Kevin Zhang dari anak perusahaan Grup Mata Uang Digital yang berfokus pada pertambangan, Foundry juga memperkirakan penurunan 20 EH / dtk. Mencatat rata-rata tujuh hari untuk hashrate Bitcoin adalah 132,9 EH / dtk. Sementara tingkat hash harian secara bersamaan diberi tag 112,9 EH / dtk.

Kemudian Blockchain.com memperkirakan tingkat hash Bitcoin telah turun dari 151,1 EH / dtk pada 24 Oktober menjadi 116,3 EH / dtk pada hari berikutnya.

Bitcoin hash rate 12-month chart: Blockchain.com

Provinsi Sichuan Jadi Pusat Aktivitas Pertambangan Bitcoin Terbesar di Dunia

Provinsi Sichuan adalah salah satu pusat aktivitas pertambangan terbesar di dunia. Para penambang berduyun-duyun ke sana untuk memanfaatkan listrik tenaga air yang murah selama musim hujan dan kemudian akan pergi begitu musim hujan selesai.

Data terbaru dari Indeks Konsumsi Listrik Bitcoin (BECI) Universitas Cambridge memperkirakan provinsi tersebut mewakili 18,5% dari tingkat hash global pada April 2020 dua kali lipat dari tingkat sebelum musim hujan.

“ Saya kira banyak penambang yang beroperasi di Sichuan sedang merelokasi ke luar negeri atau ke provinsi Xinjian atau Mongolia Dalam. Ini masing-masing mewakili 30,1% dan 7,7% dari kekuatan hash global pada bulan April,” jelas Thomas Heller dilansir dari Cointelegraph.

Baca juga: Tingkat Bitcoin Hash Melonjak ke All-Time-High Baru

Pada 2018, diperkirakan 80% penambang Tiongkok bermigrasi ke Sichuan selama musim hujan. Data CoinShares yang diterbitkan selama Desember 2019 memperkirakan Sichuan mewakili 54% aktivitas penambangan global

Heller juga membagikan data yang memperkirakan penyesuaian kesulitan penambangan Bitcoin berikutnya pada akhir minggu ini akan mengalami penurunan antara 7,4% dan 8,8%. Jika akurat, peristiwa tersebut akan mencakup penyesuaian negatif terbesar kedua di tahun 2020 setelah penurunan hampir 16% setelah jatuhnya ‘Blak Thrusday di bulan Maret.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.