Berita Bitcoin · 8 min read

Harga Bitcoin Rebound ke US$67.000 Jelang Pidato Trump 

Harga Bitcoin FOMO

Harga Bitcoin mengalami pemulihan besar jelang pidato mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, di Bitcoin Conference 2024 di Nashville, Tennessee, pada Sabtu (27/7) waktu setempat.

Namun, para analis memperingatkan bahwa lonjakan harga ini mungkin bersifat “impulsif” dan berisiko mengalami penurunan lebih lanjut.

Baca juga: Harga Bitcoin Naik Usai Insiden Dramatis Menimpa Donald Trump

Ekspetasi Kenaikan Harga BTC Tinggi

Harga Bitcoin berhasil pulih dari sebagian besar kerugian minggu sebelumnya dan saat ini diperdagangkan di sekitar US$67.000, naik 4,75% dalam 24 jam terakhir menurut CoinMarketCap. 

Gambar: Kenaikan harga BTC dalam 24 jam terakhir. Sumber: Coinmarketcap.

Markus Thielen, CEO 10x Research, dalam catatan analisanya pada 25 Juli, mengungkapkan bahwa para pedagang berjangka menahan diri untuk tidak mengambil posisi short pada Bitcoin karena ada ekspektasi tinggi bahwa Trump akan mengumumkan rencana cadangan strategis Bitcoin di konferensi tersebut jika dia terpilih sebagai presiden AS pada November.

“Jika Trump mengumumkan cadangan strategis, harga Bitcoin akan melonjak,” kata Thielen kepada Cointelegraph.

Thielen juga mencatat bahwa Departemen Keuangan AS memiliki cadangan emas senilai US$600 miliar, sementara pemerintah telah menyita Bitcoin senilai US$15 miliar. 

“Trump bisa saja mengisyaratkan niatnya untuk meningkatkan rasio ini hingga sekitar 10% dari cadangan emas atau lebih,” tambah Thielen.

Dia memprediksi bahwa bahkan sekedar menyebutkan hal tersebut bisa membuat pasar merespons dengan cepat tanpa harus menunggu hingga November untuk pemilihan Trump sebagai presiden.

Trump telah dikaitkan dengan pandangan pasar kripto yang optimis setelah secara terbuka menyatakan rencana kebijakan yang mendukung industri ini. Namun, dengan tekanan jual yang terjadi dalam beberapa hari terakhir, para analis memperingatkan bahwa pergerakan harga Bitcoin saat ini mungkin tidak berkelanjutan. 

Baca juga: Harga Bitcoin Berpotensi ke US$71 Ribu, Ini Pemicunya

Ada Potensi Harga BTC Koreksi

Dalam sebuah postingan pada 26 Juli, trader populer, Crypto Ed memperingatkan bahwa lonjakan harga Bitcoin di atas US$67.000 tampak “impulsif”. 

“Lonjakan ini lebih kuat dari yang saya harapkan kemarin, terlihat impulsif,” tulisnya.

Dia awalnya mengharapkan koreksi menuju US$62.000, namun kekuatan dalam lonjakan saat ini mulai menunjukkan bahwa pasar mungkin sedang menuju ke level tertinggi baru. Crypto Ed juga mencatat bahwa jika pasar turun ke US$63.500 maka akan menghapus sinyal kenaikan terbaru.

Baca juga: Mengenal Solv Protocol dengan Solusi Bitcoin-Fi

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.