Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

Harga Bitcoin Diyakini akan Meningkat, Para Miners Pilih Timbun Bitcoin

anisa giovanny     Sunday, April 11 2021

Penambang Bitcoin atau Miner Bitcoin (BTC) memilih untuk menyimpan koin mereka agar mendapatkan harga yang lebih tinggi. Ini terlihat karena transfer langsung dari penambang ke bursa telah anjlok hampir 40% sejak pertengahan Maret.

Data dari penyedia analisis on-chain Glassnode menunjukkan bahwa saldo BTC penambang telah meningkat sejak akhir Maret. Ini menyusul arus keluar besar-besaran sepanjang Januari dan secara konsisten mengurangi penjualan selama Februari dan awal Maret.

Chief technology officer Glassnode Rafael Schultze-Kraft mencatat beberapa metrik yang menunjuk ke akumulasi penambang baru-baru ini termasuk aliran dari alamat penambang, pasokan BTC yang tidak terpakai, dan perubahan bersih posisi penambang.

Baca juga: Miners Telah Meningkatkan Penjualan Bitcoin

Data Glassnode menunjukkan bahwa pasokan yang tidak terpakai atau  BTC yang tidak pernah ditransfer dari alamat penerima asli (penambang) mulai meningkat setelah melihat penurunan tajam pada bulan Januari, ketika15.000 koin yang sebelumnya tidak aktif dipindahkan dari alamat penambangan untuk pertama kalinya.

Pasokan BTC yang tidak terpakai: Glassnode

Sejak Februari, sekitar 5.000 BTC baru yang dicetak telah ditambahkan ke pasokan Bitcoin yang tidak terpakai, sehingga totalnya menjadi 1.765 juta Bitcoin.

Transfer langsung dari dompet penambang ke bursa juga telah turun secara substansial dalam beberapa pekan terakhir. Terjasi penurunan rata-rata dari moving average 30 hari hampir 450 BTC pada pertengahan Maret menjadi 275 BTC di hari Kamis.

Transfer BTC dari dompet penambang ke bursa, rata-rata pergerakan 30 hari: Glassnode

Bukti Fundamental Bitcoin Hebat

Schultze-Kraft menggambarkan penambangan Bitcoin ini menunjukkan “fundamental yang hebat,” karena berhasil mencatat tingkat tertinggi baru sepanjang masa untuk tingkat hash harian 178 exahash per detik pada hari Selasa dan rekor tertinggi baru untuk kesulitan penambangan Bitcoin.

Dia juga berbagi data yang menunjukkan bahwa pendapatan penambang naik 300% dalam kira-kira satu tahun, dan berhasil mendorong  pendapatan tersebut ke posisi  harga tertinggi sepanjang masa yang baru di atas $50 juta yang saat ini dalam pergerakan tujuh hari ada di posisi hampir menyentuh $60 juta.

“Penambang memiliki sedikit atau tidak ada insentif untuk diuangkan sekarang. Tidak terlihat ada penjualan dan penyerahan aset dari penambang,” katanya dikutip dari Cointelegraph.

Kemakmuran para penambang Bitcoin dapat dilihat dari kinerja saham perusahaan pertambangan yang terdaftar di Amerika Utara. Di mana analisis terbaru menemukan saham dari empat perusahaan pertambangan Bitcoin publik terbesar yang diperdagangkan naik 5.000% dalam 12 bulan, sementara harga spot BTC naik 900 % selama periode yang sama.

Baca juga: Tesla Beli Bitcoin $1,5 Miliar, Apple Bakal Ikutan?