Berita Bitcoin · 6 min read

Harga Bitcoin dan Gagalnya Tether Berikan Sinyal Fundamental yang Kuat

Komunitas crypto dikejutkan dengan berita terkait kantor New York Attormey General (NYGA) yang melakukan investigasi lebih lanjut mengenai koin stabil Tether yang kontroversial dan crypto exchange Bitfinex.

Kekhawatiran seputar Tether telah mengganggu pasar crypto selama lebih dari setahun, tetapi penurunan Bitcoin yang relatif kecil yang terjadi setelah perkembangan terakhir mungkin menandakan kekuatan fundamental yang tumbuh di balik BTC.

Masalah Tether Kembali Diungkit

Dalam press release yang dirilis pada 25 April lalu, kantor NY Attorney General dengan berani mengatakan bahwa iFinex – perusahaan induk dari Bitfinex dan Tether – mungkin menipu investor berbasis di New York yang memperdagangkan mata uang crypto.

Menurut press release tersebut, Bitfinex mengirimkan $850 juta kepada sebuah perusahaan yang berbasis di Panama yang mengakibatkan exchange tersebut kehilangan akses ke dana ini. Untuk merespon hal ini, Bitfinex memberikan dirinya akses ke sejumlah besar cadangan tunai Tether yang seharusnya digunakan untuk mempertahankan dukungan USDT 1: 1 USD.

Berita ini tersebar luas melalui industri crypto, dan mengingatkan kembali kekhawatiran bahwa USDT – yang merupakan salah satu koin stabil paling terkenal  – ternyata tidak didukung 1:1 oleh USD, yang pasti akan berdampak besar pada harga Bitcoin.

Baca juga: Moon Luncurkan Platfom Pembayaran E-Commerce Menggunakan Bitcoin

Harga Bitcoin Nyaris Tidak Terpengaruh Berita Tether

Walaupun berita Tether mengesahkan beberapa permasalahan yang meliputi komunitas, para investor jelas tidak terlalu takut tentang apapun yang akan terjadi sebagai akibat dari investigasi NYAG karena harga bitcoin yang relatif stabil.

Harga bitcoin yang diperdagangkan turun menjadi $5.250 dari harga tertinggi mingguannya sekitar $5.650.

Chris Burniske, seorang rekan di perusahaan Placeholder VC, berbicara mengenai kecilnya dampak Tether terhadap harga Bitcoin, dia mencatat bahwa spread antara harga BTC di Bitfinex versus exchange lainnya membuatnya “muak.”

“Di satu sisi, saya terkesan dengan bagaimana $BTC telah diadakan mengingat berita #Tether, di sisi lain ~ $ 200 spread antara @bitfinex & exchange lainnya membuat saya muak,” katanya.

Lebih lanjut, Burniske mengatakan bahwa reaksi Bitcoin terhadap berita tersebut merupakan simbol sentimen pasar saat ini, tetapi lebih lanjut mencatat bahwa ia percaya BTC perlu kembali ke $4.000 atau SMA 200-minggu agar pasar bullish benar-benar dimulai.

“Di sisi lain, kita akan lihat apakah Bitfinex dapat menahan laju di bank & permasalahan Tether.  Dengan $BTC dibutuhkan untuk menelusuri kembali $4K atau SMA 200 minggu untuk memiliki basis yang kuat untuk pasar bull yang akan datang (IMO), kita bisa mendapatkan peluang besar terakhir kita pada 2019, ”jelasnya.

Karena permasalahan yang meliputi Tether dan situasi Bitfinex terungkap dan para investor pindah dari USD ke koin stabil lainnya guna mempersiapkan jika terjadi yang terburuk, kemungkinan akan menjadi semakin jelas seberapa besar dampaknya terhadap pasar dalam jangka panjang.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.