Berita Bitcoin · 5 min read

Hacker Terkenal Ini Tawarkan Mata Uang Kripto Senilai $100k Untuk Meretas Perusahaan Bank Dan Minyak

Peretas terkenal di dunia Phineas Fisher telah meluncurkan  “Hacktivist Bug Hunting Program” atau bug berhadiah untuk mengapresiasi para peretas yang berhasil melakukan peretasan dan kebocoran data yang berguna bagi kepentingan publik.

Dilansir dari Vice pada hari Minggu (17/11), Phineas menerbitkan manifesto pada hari Jumat lalu. Ia menawarkan untuk membayar peretas dengan mata uang kripto senilai $100.000 atau senilai Rp1,4 miliar.

Baca Juga : Hacker Gunakan REX Untuk Menangkan Taruhan Dari EOS

Phineas Membayar dengan Mata Uang Kripto

Ia akan membayar dengan mata uang kripto, seperti bitcoin atau monero. Ia memberikan contoh target perusahaan untuk diretas seperti perusahaan pertambangan dan peternakan di Amerika Selatan, vendor spyware Israel NSO Group dan perusahaan minyak  Amerika Halliburton.

“Peretasan demi mendapatkan dan membocorkan dokumen untuk kepentingan publik adalah salah satu cara terbaik bagi peretas untuk menggunakan kemampuan mereka dan memberi manfaat kepada masyarakat,” kata Phineas Fisher dalam manifestonya seperti dilansir dari Vice.

Seperti yang dilaporkan oleh Vice, Identitas Phineas Fisher sebenaranya tidak pernah dipublikasikan. Bahkan setelah ia berhasil mengambil alih server di sebuah perusahaan Italia yang menyediakan perangkat lunak untuk sistem peretasan dan pengawasan bagi polisi dan perusahaan.

Pihak berwenang Italia yang melakukan penyelidikan pun belum bisa mengungkap siapa Phineas Fisher. Anonimitas dengan menggunakan bitcoin sebagai mata uang bukan pertama kali ini saja terjadi, dilansir Cointelegraph, pada 15 November ada perusahaan anonim dengan nama “ Uknown Fund”.

Ia bersedia menyumbangankan Bitcoin senilai $75 juta atau senilai lebih dari Rp1 trilliun kepada startup yang berfokus pada bidang perlindungan data pribadi, cryptocurrency, dan blockchain.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.