FTX Akan Berikan $1 Juta Dollar untuk Bank yang Terima Stablecoin

Anisa Giovanny

5th January, 2022

Pertukaran derivatif FTX akan memberikan $1 juta dollar bagi bank yang bisa menerima stablecoin. Hal ini dilakukan untuk menjangkau adopsi crypto yang lebih luas.

Kabar in diumumkan FTX melalui akun Twitter resmi pada Selasa (04/01) waktu setempat. Bursa miliki Sam Bankman Fried ini sedang menjajaki kerjasama dengan bank di berbagai wilayah untuk memungkinkan pengguna memiliki “penyetoran dan penarikan hampir instan dan hampir bebas” melalui stablecoin.

Kesempatan ini tidak terbatas untuk bank-bank AS dan akan terbuka untuk negara lain dengan pembicaraan lebih lanjut. Bursa saat ini tergabung dalam Antigua dan Barbuda dan berkantor pusat di Bahama tetapi juga mengoperasikan FTX AS untuk pengguna AS.

“Kami baru saja mengakuisisi sebuah bank dan ini adalah ide yang bagus. Tidak ada hadiah yang kami perlukan, Anda sudah menjadi klien kami, dan kami semua mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang,” kata Oliver von Landsberg-Sadie, CEO  London-based BCB Group.

FTX Perhatikan Regulasi

Sam Bankman Fried berperan aktif terhadap kejelasan regulasi crypto di Amerika Serikat. Ia merekomendasikan peraturan tambahan diperlukan untuk ruang crypto termasuk stablecoin untuk bergerak maju sebagai sebuah industri. 

Sebelumnya SBF hadir di sidang dengar pendapat bersama Kongres AS, pada Desember 2021.

Dalam kongres ini Bankman Fried pun menyampaikan  proposal  “Prinsip-Prinsip Utama FTX untuk Regulasi Pasar” terdiri dari proposal 10 poin yang bertujuan untuk membantu regulator A.S. membangun kerangka peraturan yang berpusat pada kripto.

FTX, merilis daftar prinsip dan proposal untuk membantu pembuat kebijakan membangun kerangka peraturan. Kebijakan tersebut merekomendasikan pilihan struktur pasar yang dibuat oleh beberapa bursa kripto terkemuka dan menyarankan penerapannya di semua yurisdiksi.

“Menciptakan “kerangka pelaporan/transparansi/audit” untuk mengonfirmasi bagaimana koin didukung akan “menyelesaikan 80% masalah sambil memungkinkan stablecoin berkembang,” katanya dilansir dari Cointelegraph.

Sementara itu banyak regulator A.S. telah mengalihkan perhatian mereka ke stablecoin, dengan Kelompok Kerja Presiden di Pasar Keuangan merilis laporan pada bulan November yang menunjukkan bahwa emiten harus tunduk pada “pengawasan federal yang tepat” yang mirip dengan bank.

Nellie Liang, Wakil Menteri Keuangan untuk Keuangan Domestik, juga mengisyaratkan undang-undang tambahan yang mempengaruhi koin.


Disclaimer: Platform ini belum terdaftar di BAPPEBTI.

Kami tidak menyarankan trading dan investasi digital asset secara ceroboh. Pastikan Anda sudah mempelajari serta mengetahui dan menerima resiko yang ada.

Semua trading / investasi digital asset harus dilakukan secara mandiri dan tanpa paksaan, serta sebaiknya menggunakan exchange yang resmi terdaftar di BAPPEBTI.

Konten ini bertujuan untuk edukasi, bukan ajakan atau saran legal trading dan investasi.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency