Berita Blockchain · 8 min read

Filecoin Luncurkan Dua Fitur Baru! Siap Perluas Ekosistem

Filecoin Luncurkan Dua Fitur Baru! Siap Perluas Ekosistem

Coinvestasi,com, Singapura. Dalam acara FIL Singapore ‘22 Summit, terdapat satu sesi yang menjelaskan mengenai fitur baru yang akan diluncurkan oleh Filecoin. 

Penjelasan ini disampaikan oleh Laura Ren, salah satu Pendiri dari FileDrive Labs yang berperan sebagai tim teknis dalam Filecoin. 

Filecoin Plus ini menjadi satu fitur baru yang diluncurkan mendekati proses peluncuran Filecoin Virtual Machine yang diprediksi membuat Filecoin semakin dapat dapat bersaing dengan blockchain lain. 

Filecoin Kembangkan Filecoin Plus

Filecoin Plus merupakan satu inovasi baru yang diluncurkan di akhir 2021 melalui Filecoin Improvement Proposal atau FIP nomor 0003

Filecoin merupakan jaringan blockchain yang saat ini fokus untuk menjadi tempat penyimpanan data. Mekanisme jaringannya adalah dengan menggunakan mekanisme Proof of Storage, jadi imbalan akan diberikan kepada yang memberi ruang untuk penyimpanan data pengguna jaringan Filecoin. 

Filecoin Luncurkan Dua Fitur Baru! Siap Perluas Ekosistem
Konsep Filecoin Plus

Mekanisme ini mulai dikembangkan di akhir 2021 dimana terjadi inovasi bernama Filecoin Plus untuk membuat penyimpanan data lebih efisien dari sisi ruang penyimpanan, imbalan untuk pemberi ruang, dan klien atau pengguna yang menggunakan Filecoin sebagai tempat penyimpanan data. 

Dengan Filecoin Plus, terdapat tiga pihak yang menggerakan jaringan yaitu klien atau pengguna yang menyimpan data di Filecoin, pemberi ruang penyimpan data, dan Root key holder atau pengeksekusi atau validator kontrak kerja sama antara klien dan penyimpan data.    

Terdapat satu konsep lain yaitu DataCap, dimana DataCap adalah sebuah kuota yang diberikan oleh Root key holder kepada pemberi ruang penyimpan data setelah adanya penunjukkan atau permintaan dari klien. 

Proses mekanisme dalam Filecoin Plus bergerak diawali dengan klien yang harus melalui tahap verifikasi dengan Filecoin. Verifikasi dilakukan untuk memastikan jaringan Filecoin digunakan untuk menyimpan data yang penting dan bermanfaat secara jangka panjang untuk semua pihak. 

Baca juga: Filecoin Layanan Penyimpanan Data Yang Aman Dan Terdesentralisasi

Setelah terverifikasi, klien bisa memilih ruang penyimpanan data dan sekaligus memilih siapa yang menjadi tempat penyimpanan data. 

Terakhir Root key holder akan memverifikasi kesepakatan penyimpanan data ini dan penyimpan data akan mendapat daya komputasi 10 kali lebih tinggi dari yang lainnya di Filecoin sehingga mendapat imbalan lebih besar dari penyimpan data lain. 

Mekanisme ini terlihat dilakukan untuk memberi insentif kepada para penyimpan data juga untuk membuat jaringan Filecoin lebih berbobot dalam data yang disimpannya. 

Filecoin Virtual Machine Siap Diadopsi Developer

Dengan semakin baiknya insentif untuk para penyimpan data, maka kemungkinan besar pengguna Filecoin akan semakin banyak dan ekosistem semakin meluas. 

Kemungkinan ekosistem yang semakin meluas ini juga didukung oleh adanya peluncuran Filecoin Virtual Machine atau FVM yang diprediksi terjadi pada 2023. Laura menyatakan bahwa,

“Filecoin Plus memiliki tujuan untuk mempermudah pengguna dan meningkatkan kemampuan Filecoin. Pemberi ruang penyimpan data mendapatkan insentif lebih yang membuatnya menetap di Filecoin walau di kondisi pasar yang buruk. Dengan banyaknya penyimpan data, maka akan mudah untuk Filecoin menarik lebih banyak pihak berkualitas yang ingin menyimpan data di jaringan Filecoin. Bersama dengan Filecoin Virtual Machine, Filecoin akan tumbuh lebih besar dari yang bisa kita bayangkan.”

 Pernyataannya merujuk pada potensi pertumbuhan ekosistem Filecoin bersama adanya Filecoin plus dan Filecoin Virtual Machine atau FVM yang akan menjadi bagian penting untuk Filecoin. 

Filecoin Luncurkan Dua Fitur Baru! Siap Perluas Ekosistem
Penjelasan Filecoin Virtual Machine

FVM akan membuat Filecoin semakin mudah diadopsi untuk developer dan pebisnis yang ingin meluncurkan aplikasi terdesentralisasinya sendiri. 

Selama ini Filecoin hanya digunakan untuk tempat penyimpanan data, termasuk data smart contract, namun bukan sebagai tempat eksekusi atau tempat peluncuran aplikasi terdesentralisasi. 

Dengan FVM nantinya Filecoin bisa melakukan keduanya dimana developer bisa meluncurkan aplikasi dan smart contract dengan FVM dan menyimpan datanya melalui Filecoin atau Filecoin Plus. 

Jika pemasaran dilakukan dengan benar dan biaya eksekusi akan tetap murah di Filecoin, kemungkinan besar kedepannya Filecoin akan naik menjadi salah satu blockchain yang dapat bersaing dengan blockchain lain. 

Tapi terdapat kemungkinan bersama peluncuran FVM dan berubahnya Filecoin dari sisi jaringan, mekanisme validasinya berubah. Untuk saat ini masih belum ada informasi lanjutan mengenai hal tersebut. 

Walau begitu, kombinasi antara Filecoin Plus dan Filecoin Virtual Machine dapat mendorong Filecoin naik kembali sebagai salah satu jaringan dengan fundamental baik di dunia kripto. 

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Naufal Muhammad

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.