Berita Industri · 6 min read

FIFA Luncurkan Gim Sepak Bola Berbasis AI dan NFT

FIFA

FIFA meluncurkan gim sepak bola berbasis artificial intelligence (Ai) dan non fungible token (NFT) berjudul “Ai League” pada Selasa (4/4). Dalam mengembangkan gim tersebut, FIFA bekerja sama dengan perusahaan pengembangan Ai, Altered State Machine.

Gim tersebut akan menjadi versi yang lebih luas dari gim prediksi Piala Dunia yang sebelumnya diluncurkan pada November 2022. Saat ini, gim piala dunia ini sedang dalam tahap open beta.

Beberapa pengembang gim memilih untuk meluncurkan gim konvesional terlebih dahulu. Setelah sukses, maka proyek dilanjutkan menggunakan teknologi yang lebih canggih seperti Ai dan NFT.

FIFA juga telah meluncurkan platform NFT dan bermitra dengan studio gim Web3 untuk mengintegrasikan tema Piala Dunia.

Baca Juga: 9 Perusahaan Game di Asia Ini Mulai Proyek Web3 Gaming

Karakter Pada Gim

Gim sepak bola Liga Ai Piala Dunia FIFA tidak memiliki karakter dari pemain terkenal seperti Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi.

Kedua pemain tersebut baru-baru ini menandatangani perjanjian sponsor dan pemasaran dengan perusahaan industri kripto.

Sebagai gantinya, karakter yang ada dalam “Ai League” adalah animasi yang menyerupai karakter dalam film Pixar atau gim populer Fall Guys.

Penggunaan Ai dalam Gim

Dalam gim ini, pergerakan karakter dikendalikan oleh kecerdasan buatan (Ai), yang juga menentukan kekuatan dan kelemahan masing-masing karakter.

Pemain dapat bertindak sebagai pelatih dan pemilik tim. Saat ini, gim ini menawarkan peta terinspirasi dari kota-kota internasional seperti Paris, Rio de Janeiro, Yaoundé, dan Seoul.

“Misi kami adalah untuk memimpin gamer kasual ke dunia game AI di metaverse, dan dengan Liga AI FIFA, kami membuka peluang baru yang unik bagi penggemar sepak bola di seluruh dunia untuk berinteraksi dengan olahraga favorit mereka,” ungkap pendiri Altered State Machine, Aaron McDonald.

Ai League dapat dimainkan secara gratis. Perwakilan Altered State telah mengkonfirmasi bahwa pihaknya akan meluncurkan gim tersebut dalam waktu dekat.

Penggunaan NFT dalam Gim

Saat peluncuran, karakter dalam permainan akan dicetak sebagai NFT, sehingga semua karakter dalam game dapat direpresentasikan sebagai NFT di masa depan.

Menurut perwakilan perusahaan, pengenalan NFT akan dilakukan nanti karena Altered State ingin memastikan pengalaman pengguna tetap mulus tanpa adanya gangguan atau distraksi dari elemen NFT.

Saat ini, Ai League menyediakan mata uang yang memungkinkan pengguna untuk membeli peningkatan aksesoris untuk karakter. Namun, mata uang tersebut bukanlah mata uang kripto. Sebab, ada pembatasan dari Apple dan Google terkait perdagangan kripto di platform mereka.

Baca Juga: Melihat Potensi Web3 Gaming di Asia

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.