Berita Bitcoin · 5 min read

5 Fakta Menarik Bitcoin Pizza Day

Bitcoin Pizza Day

Bitcoin Pizza Day adalah hari spesial untuk memperingati momen pertama kali BTC dipergunakan sebagai alat pembayaran untuk dua loyang pizza. Hari spesial ini dirayakan tanggal 22 Mei setiap tahunnya.

Sejarah

Pada 18 Mei 2010, seorang programmer dan miner Bitcoin asal Florida, Laszlo Hanyecz mengunggah tantangan di forum Bitcointalk.org. Dia menawarkan 10.000 BTC bagi siapapun yang bersedia mengirimkannya dua loyang pizza.

Tangkapan layar unggahan Laszlo Hanyecz
Sumber: Bitcointalk.org

Pada 21 Mei, dia masih belum berhasil menemukan siapa pun untuk menyelesaikan transaksi pizza dengan Bitcoin itu. Hanyecz mengungkapkan bahwa dia harus menunggu selama empat hari sebelum seseorang akhirnya setuju dengan tantangannya.

Hanyecz berhasil mendapatkan pizza dari seorang anak berusia 19 tahun bernama Jeremy Sturdivant (nama pengguna “jercos”). Transaksi dilakukan sekitar pukul 2:16 siang waktu Eastern Standard Time (EST), seperti yang tercatat dalam forum Bitcoin Talk.

Dalam cerita asli, sebenarnya Sturdivant membeli pizza tersebut menggunakan kartu kreditnya. Namun, pizza tersebut dibeli lagi oleh Hanyecz menggunakan Bitcoin. Jadi, dapat dikatakan bahwa transaksi ini menjadi momentum pertama kali Bitcoin dipergunakan sebagai alat pembayaran.

“Saya hanya ingin melaporkan bahwa saya berhasil menukarkan 10.000 BTC untuk pizza. Terima kasih kepada jercos! Saya pikir akan menarik jika saya bisa mengatakan bahwa saya membayar pizza dengan Bitcoin,” ungkap Laszlo Hanyecz dalam unggahannya di forum Bitcointalk.org.

Dalam sebuah wawancara dengan CBS pada tahun 2019, Hanyecz mengungkapkan kepada Anderson Cooper bahwa menurutnya transaksi tersebut menciptakan kesadaran terkait fungsionalitas Bitcoin di kalangan komunitas.

Baca Juga: Burger King Venezuela Terima Pembayaran Bitcoin

5 Fakta Menarik Bitcoin Pizza Day

Ada berbagai fakta menarik seputar Bitcoin Pizza Day, apa saja itu? Simak daftarnya di di sini.

Foto Pizza yang Dibeli dengan BTC

Berkat kegemaran Hanyecz dalam dunia fotografi, ia memiliki dokumentasi mengenai pizza Bitcoin pertama.

Hanyecz membagikan total lima gambar makanannya, yang terlihat memiliki variasi topping.

Keluarkan Uang US$41

Data mengenai harga awal Bitcoin sulit ditemukan. Namun, salah seorang anggota forum Bitcointalk.org mengatakan Hanyecz menukarkan Bitcoin 10.000 BTC yang bernilai US$41. Jika data tersebut akurat, maka harga satu BTC sekitar US$0,004 pada saat transaksi terjadi.

Jercos Telah Menjual Bitcoin Miliknya

Dilansir dari wawancara eksklusif Bitcoin Who’s Who, Jeremy Sturdivant mengatakan ia telah menukar Bitcoin dengan uang fiat senilai US$400. Jika Jercos tidak menjual 10.000 BTC miliknya, dengan harga saat ini BTC tersebut sudah bernilai Rp11 triliun.

Mining Bitcoin Saat Itu

Hanyecz adalah seorang miner Bitcoin. Sebelum setengah pasokan Bitcoin diproduksi, setiap penambang yang berhasil menemukan blok baru diberi imbalan sebanyak 50 BTC pada tahun 2012.

Dengan demikian, Hanyecz diperkirakan hanya perlu mining sebanyak 200 blok untuk mendapatkan 10.000 BTC. Pada waktu itu, persaingan untuk menambang Bitcoin belum terlalu sulit seperti sekarang.

Baca juga: 5 Perbedaan Halving Bitcoin 2024 yang Perlu Kamu Tahu

Dipopulerkan oleh New York Times

Awalnya, perayaan Bitcoin Pizza Day tidak diperingati secara luas. Pada tahun 2014, cerita Hanyecz dipopulerkan sebagian oleh artikel New York Times . Sejumlah komunitas mulai menceritakan kembali transaksi ini hingga kemudian menjadi tradisi di komunitas besar.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anggita Hutami

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.