Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita DeFi · 5 min read

EatnSmile Situs Review Makanan di Industri Web3

EatnSmile

Social Finance atau SocialFi adalah konsep gabungan antara media sosial, DeFi, dan WEB3.

SocialFi memungkinkan bentuk interaksi sosial di mana pengguna dapat membuat, mengontrol, hingga mendapatkan penghasilan dari platform yang mereka gunakan. Ada berbagai proyek kripto yang masuk ke dalam SocialFi, salah satunya adalah EatnSmile. 

Apa itu EatnSmile?

EatnSmile

EatnSmile adalah situs ulasan yang memberikan fasilitas penerapan Web3 dan NFT dengan menciptakan peluang baru bagi food reviewer untuk memonetisasi kontribusi mereka dalam mengulas makanan.  

Baca juga: Memahami Web3, Evolusi Internet, dan Efek untuk Crypto

Model bisnis situs ini mirip dengan model di Web2 seperti Yelp, atau Tripadvisor, yang telah menjadi populer di pasar tradisional dengan pengoperasian yang sukses selama bertahun-tahun. Perbedaan antara EatnSmile dan platform serupa di Web2 dapat dilihat di gambar berikut ini. 

Gambar perbedaan EatnSmile dibandingkan platform Web2. Sumber: EatnSmile.

Situs memungkinkan para food reviewer mendapatkan hadiah bernama Token STAR atau token lain yang dapat ditukarkan di DEX setelah memberikan ulasan.

Pemilik toko dapat membuat NFT store atau NFT toko yang dicetak pada blockchain Avalanche dan Polygon. Inisiatif EatnSmile diharapkan meningkatkan ulasan toko dan pada saat yang sama menghasilkan sumber pendapatan yang baik bagi reviewer dan toko.

EatnSmile pada Mei 2023 meluncurkan versi beta yang memberikan promosi bersamaan dengan kampanye Mintcode gratis ke mint store NFT tanpa gas fee di Polygon dan Avalanche. 

Tim dan Mitra EatnSmile

EatnSmile pertama kali dimulai pada akhir tahun 2022 oleh dua co-founder Jepang, Ippei Morioka dan Masahiro Chaen yang memiliki pengalaman bertahun-tahun di industri F&B.

Situs ini terdaftar dengan nama perusahaan Sharefull SL yang berbasis di Madrid, Spanyol dengan lisensi NIF B72637432.

Sebagai langkah untuk mengenalkan situs ini, pada April 2023 para pendiri meluncurkan AMA dengan komunitas Jepang di Youtube untuk memperkenalkan proyek tersebut.  Beberapa hari setelah AMA Jepang, tim juga meluncurkan AMA lain di Vietnam bersama tim HC Capital.

EatnSmile telah bermitra dengan berbagai merek besar Jepang, antara lain XCreation, Bacoor Inc., Zaif INO, PREMAX, Samurai Guild Games, KEYRING PRO, dan lain-lain. 

Token STAR

Para food reviewer akan mendapatkan Token STAR sebagai hadiah. Pengguna dapat dengan mudah mendapatkan token STAR dengan memposting ulasan makanan berkualitas tinggi dari toko F&B lokal ke platform. Token akan datang dalam dua variasi berbeda: token yang tidak diklaim dan token yang diklaim.

Token yang tidak diklaim: Setelah pengiriman ulasan, token $STAR yang tidak diklaim akan muncul di saldo. Token yang tidak diklaim dapat digunakan untuk membuat NFT store, atau dapat ditukar dengan hadiah di toko souvenir. Token $STAR yang tidak diklaim tidak akan muncul di dompet Blockchain karena keberadaannya ada di database.

Token yang diklaim: Ini adalah bentuk konversi dari token yang tidak diklaim. Pengguna perlu membayar sejumlah biaya gas jaringan untuk mengonversi token yang tidak diklaim menjadi token yang diklaim. Akibatnya, token STAR akan muncul di dompet Blockchain, dan pengguna dapat menukarnya dengan aset lain di DEX.

Kegunaan Token STAR 

Token STAR memiliki berbagai kegunaan dalam aplikasi EatnSmile. Berikut ini daftarnya: 

Mint store NFT: Pengguna dapat membuat 01 store NFT dengan setiap token 100 STAR tanpa membayar biaya jaringan apa pun, mirip dengan mintcode.

Tukarkan di DEX: Pengguna dapat langsung menukar token STAR dengan aset kripto lainnya di berbagai DEX dengan likuiditas.

Tukarkan dengan Hadiah: Alih-alih menukar token STAR dengan aset lain melalui DEX, pengguna juga dapat menggunakan STAR yang tidak diklaim untuk menukar NFT langka, voucher, dan item lainnya di toko souvenir.

Edit Info Toko: Setiap kali pemilik toko mengedit info toko, mereka memerlukan token 03 STAR. Metode ini mencegah banjir bot dan spam.

Burning: Kontrak Cerdas EatnSmile akan segera membakar token STAR yang digunakan dari peredaran.

Selain token STAR, EatnSmile juga memiliki token tata kelola lainnya, yakni Token NARUTO.

Token NARUTO

Token NARUTO adalah token yang memungkinkan sistem beroperasi di lingkungan terdesentralisasi dengan menempatkan kekuatan ke tangan komunitas EatnSmile.

Dengan NARUTO, pemegang dapat berpartisipasi dalam berbagai kumpulan pemungutan suara di EatnSmile DAO dan mendapatkan hadiah setiap kali mereka memberikan suara. Karena sifat tata kelolanya, EatnSmile akan mulai meluncurkan token jika sudah mencapai jumlah anggota komunitas yang memadai, idealnya 100.000 anggota.

Setelah mencapai 100.000 anggota, pasokan 10% token NARUTO akan dirilis melalui airdrop. 5% lainnya akan ditahan hingga situs mencapai 1.000.000 anggota.

Berikut ini adalah daftar rinci soal alokasi token STAR dan NARUTO.

Info token STAR dan NARUTO. Sumber: EatnSmile.

Airdrop Token

Token STAR dan NARUTO memberikan 10% alokasi token ke airdrop. EatnSmile akan menggunakan poin loyalty untuk menentukan jumlah airdrop token NARUTO untuk setiap pendukung awal.

Aktivitas pengguna, termasuk Ulasan, Bermanfaat, dan jumlah NFT store yang dimiliki akan dihitung secara otomatis menjadi poin loyalitas.

  • Ulasan: Jumlah ulasan yang diberikan oleh pengguna (3 ulasan per hari, masing-masing 2,5 poin).
  • Bermanfaat: berapa kali orang lain mengeklik tombol ‘bermanfaat’ pada ulasan (masing-masing 1 poin).
  • Mint store NFT: Jumlah NFT yang dicetak oleh pengguna.
  • Mint dengan kode mint GRATIS (masing-masing 2,5 poin).
  • Mint dengan token STAR (pembelian dengan Token STAR) (masing-masing 10 poin).
  • Beli NFT di Marketplace (masing-masing 10 poin).
  • Menjadi anggota Gold Crown (5000 poin).

Info lebih lanjut soal EatnSmile bisa kamu temukan di sini.

EatnSmile Luncurkan Kampanye di Mei 2023


Proyek ini meluncurkan kampanye pertamanya pada Mei 2023, dengan memberikan ribuan kode mint gratis bersama dengan token STAR. Dengan berpartisipasi dalam acara tersebut, peserta akan memiliki kesempatan untuk memenangkan hingga 1 BNB.

Dengan memperoleh mintcode, pengguna dapat membuat NFT tanpa biaya di Polygon dan Avalanche, lalu mendaftarkannya untuk dijual di Opensea, atau memasang spanduk gratis di halaman arahan toko.

Acara ini dimulai pada 5 Mei 2023 (19:00 – GMT+9)- 6 Juni 2023 (23:59 – GMT+9) dengan mengunjungi platform dan laman ini.

Hadiah kampanye:
Juara 1 – 05 hadiah – 1 BNB
Juara 2 – 20 hadiah – 1 AVAX
Juara 3 – 50 hadiah – 10 USDT

Setiap peserta akan mendapatkan 10 token STAR. Berikut ini cara berpartisipasi.

  • Akses Formulir Gleam
  • Kerjakan tugas sederhana:
    – Ikuti Twitter, Bergabunglah dengan Discord, Telegram.
    – Mengutip Tweet.
    – Dapatkan Mintcode.
  • Mint NFT.

Setelah acara selesai, proyek akan mengumumkan pemenang dan mengirimkan hadiah. Untuk informasi lebih lanjut tentang acara tersebut, silakan kunjungi https://event.eatnsmile.org/.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.