Berita Bitcoin · 6 min read

Dua Indikator Ini Indikasikan Waktu Bagus Beli Bitcoin

gelombang investasi bitcoin

Hasil temuan dari dua analis kripto mengatakan bahwa Bitcoin baru saja masuk ke zona beli yang baik berdasarkan tingkat funding rate dan MVRV.

Funding Rate Masuk ke Zona Positif

Seorang analis kripto di platform X dengan 92 ribu pengikut, Mister Crypto, membagikan gambar yang menunjukkan tingkat pendanaan (funding rate) pasar futures Bitcoin telah kembali hijau.

Tingkat pendanaan dengan bobot open interest (OI) Bitcoin, yang mewakili biaya memegang posisi futures Bitcoin, menembus wilayah positif pada 24 April 2024 menurut data CoinGlass.

Meskipun terjadi kenaikan, tingkat ini masih jauh lebih rendah dari 0,0714% yang tercatat pada awal April 2024.

Tingkat pendanaan yang lebih tinggi menunjukkan meningkatnya minat dalam futures dengan posisi LONG, mencerminkan sentimen yang lebih bullish di pasar.

Terakhir kali tingkat pendanaan mencapai puncak secara signifikan pada awal Maret 2024, Bitcoin mencapai titik tertinggi sebesar US$69.200 pada hari yang sama.

Baca juga: Harga Bitcoin Kian Tertekan di Tengah Konflik Iran dan Israel

Indikator MVRV Tunjukkan Masih Ada Kesempatan Beli

Pendiri Capriole Investments, Charles Edwards, mengatakan bahwa meskipun tingkat pendanaan adalah indikator yang baik secara umum, indikator ini tidak lagi memberikan tingkat kepastian yang sama seperti beberapa tahun lalu.

Untuk menguatkan analisis, Edwards menggunakan indikator MVRV yang bertujuan untuk mengidentifikasi kapan Bitcoin dinilai terlalu tinggi atau terlalu rendah relatif terhadap nilai wajarnya.

Gambar: Grafik indikator MVRV Bitcoin. Sumber: Blockchain.com.

Per artikel ditulis (25/4/24), skor MVRV Bitcoin adalah 2,28, turun 6,5% sejak awal April 2024. Skor MVRV di atas 3,5 menunjukkan bahwa pasar hampir mencapai puncaknya, sedangkan skor di bawah satu menunjukkan bahwa pasar telah mencapai titik terendah.

Meskipun saat ini nilai tidak menyentuh area di bawah 1, Edwards menyebutkan bahwa tingkat MVRV saat ini menunjukkan “kita memiliki cukup banyak ruang gerak selama setahun ke depan.”

Namun, dia juga menjelaskan bahwa peluang pembelian saat ini jauh kurang menguntungkan dibandingkan peluang yang tersedia dua tahun lalu.

“Ini bukan kesempatan nilai yang mendalam seperti yang terjadi setahun lalu atau dua tahun lalu ketika jauh lebih rendah. Tapi juga tidak juga menandakan angka MVRV yang tinggi”, ungkap Edwards.

Baca juga: Trader Ini Sebut Bitcoin Sentuh US$120 Ribu di Puncak Bullrun

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Ary Palguna

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.