Berita Bitcoin · 5 min read

Dicekal Western Union, Youtuber ini Beralih ke Bitcoin

Seorang pemilik bisnis fotografi memposting sebuah video di YouTube channel-nya mengakatan bahwa layanan pengiriman uang, Western Union mecekal dirinya untuk selama-lamanya sebagai akibat dari transaksi yang dilakukannya di wilayah Afrika Tengah. Bitcoin hadir sebagai jawaban tersebut.

Pencekalan Datang Tanpa Penjelasan

Dalam videonya, Ben Taylor atau yang biasa disebut Pleasant Green membahas pendirian bisnis fotografi pribadinya di Afrika yang juga mencakup karya yang hasil dari penjualannya akan disumbangkan. 

Dia menegaskan bahwa selama lebih dari tiga tahun, dia telah menggunakan Western Union dalam mengirim uang ke Liberia dan selama itu pula tidak terjadi masalah apapun. Namun, setelah mencoba mengirimkan dana ke tempat lain di benua tersebut, perusahaan pengiriman uang pertama itu malah memblokir uang yang dikirimkannya dan kemudian memberitahu bahwa Taylor dilarang bertransaksi untuk selamanya.

Taylor mencatat bahwa dia berusaha keras untuk membuktikan kepada Western Union bahwa dia bukanlah penipu dan tidak terlibat dengan penipuan apapun. Sebaliknya, Taylor tidak diberi penjelasan mengapa dirinya tidak dapat lagi menggunakan layanan pengiriman uang tersebut.

Baca Juga: 4 Alasan Dibalik Kepopuleran Bitcoin di Afrika Selatan

Pernyataan Taylor dalam Videonya

“Saya tidak ingin membuat video ini, tetapi saya harus memberikan penjelasan kepada orang-orang sekitar saya yang akan mulai mempertannyakan mengapa bisnis kami mengalami penurunan omset dan mengapa saya tidak bisa lagi mempekerjakan mereka, atau membantu mereka. Jadi sekarang saya akan mulai beralih ke hal-hal seperti Bitcoin dan uang seluler untuk menjaga agar semuanya tetap berjalan.”

Dalam video lainnya yang diunggah dua minggu lalu, Taylor membahas awal kasus tersebut yang melibatkan usahanya untuk mengirimkan uang kepada seorang perempuan Afrika yang menerbitkan buku dalam acara penggalan dana bagi yang membutuhkan operasi darurat. 

Dalam video ini, ia memutar transkrip percakapan yang tidak mengarah ke penjelasan mengapa pelayanan transfer uang untuk dirinya diblokir. Dia juga menjabarkan peristiwa kedua, kali ini melibatkan MoneyGram, yang sama-sama membuat frustasi.

Bitcoin adalah Jawaban

Biaya tinggi dan praktik bisnis yang rumit memang sudah melekat menjadi ciri khas layanan transfer uang. Warga negara terbelakang adalah yang paling terbebani oleh masalah ini. Mereka adalah orang-orang yang paling serong mengandalkan perusahan-perusahaan ini dalam jasa keuangan. Alasan inilah yang menjadi sebab cryptocurrency seperti Bitcoin berkembang pesat di wilayah ini.

Arsitektur Blockchain memungkinkan Bitcoin untuk dikirim dengan cepat, dan tanpa proses yang sangat lama seperti yang diperlukan perusahan pengiriman uang. Arsitektur Bitcoin yang terdesentralisasi membuat Bitcoin lebih terbuka kepada siapapun penggunanya, dan transaksi tidak dapat diblokir atau diputar-balikkan. Yang paling penting, Bitcoin dapat dikirim dengan biaya yang jauh lebih sedikit dari sistem-sistem lama.

Menginagt keunggulan tersebut, hanya masalah waktu sebelum aset blockchain seperti Bitcoin digunakan secara massal.

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.