Dana Sebesar $2,7 Miliyar Berhasil Dikumpulkan Stalwart

Aulia Medina

4th May, 2019

Perusahaan modal ventura yang berbasis di Silicon Valley dan investor crypto terkemuka Andreessen Horowitz telah mengumpulkan dana sebesar $ 2,75 miliar untuk dua dana baru, menurut pengumuman perusahaan yang diterbitkan pada 1 Mei

Bagian terbesar dari modal baru akan menjadi dana ventura tahap akhir khusus $ 2 miliar (Dana I LSV), yang dipimpin oleh mitra umum Andreessen Horowitz David George.

Sementara itu, $ 750 juta telah dikumpulkan untuk dana umum keenam – berfokus pada penawaran perusahaan tahap awal, konsumen dan fintech – yang akan berada di samping cryptocurrency khusus dan dana bio perusahaan yang ada

Seperti yang dicatat oleh mitra pelaksana Scott Kupor dalam pengumuman kemarin, cryptocurrency masih dalam kondisi baru ketika perusahaan modal ventura diluncurkan pada 2013. Penciptaan crypto-fund yang didanai $ 350 juta crypto, a16z – yang mendukung berbagai usaha dari proyek blockchain hingga initial coin offerings (ICO) – mendorong perusahaan untuk mempekerjakan mitra investasi umum wanita pertamanya pada tahun 2018, seperti yang dilaporkan Cointelegraph pada saat itu.

Baca juga: Startup ConsenSys Cari Dana $200 Juta Dari Investor Luar

Sejak saat itu, dana crypto sejumlah $ 350 juta milik Horstitz dari Andreessen, a16z, telah diinvestasikan dalam startup blockchain MakerDAO (MKR) – yang berdiri di belakang stablecoin berbasis Dai (DAI) – stablecoin project Basis dan kustodion crypto Anchorage, serta startup cloud computing blockchain. DFINITY dan Oasis Labs.

Februari ini, dana abadi $ 12 miliar dari University of Michigan mengungkapkan rencana untuk meningkatkan investasinya di “dana teknologi cryptonetwork” Andreessen Horowitz (CNK Fund I).

Situs web Horowitz milik Andreessen juga mencantumkan bitcoin (BTC), eter (ETH), Handshake startup DNS yang didesentralisasi, pertukaran dYdX, dan operator trueus stablecoin yang dipercayai Trusttoken di antara investasi terkait crypto-nya.

Bulan lalu, Horowitz Andreessen mengumumkan restrukturisasi dengan mendaftarkan semua karyawannya sebagai penasihat keuangan yang memenuhi syarat dan melepaskan status sebelumnya sebagai perusahaan modal ventura. Restrukturisasi ini tampaknya akan memungkinkan perusahaan untuk mengambil taruhan berisiko pada area bisnis tertentu, termasuk cryptocurrency.

Sumber