Cudos Sebut The Merge Bukan Solusi Utama Masalah Ethereum

Anisa Giovanny

24th September, 2022

Menurut Cudos, inti dari The Merge adalah harapan untuk memecahkan hambatan utama untuk penerimaan kripto yang lebih luas.

Dengan mengadopsi mekanisme PoS, konsumsi energi Ethereum akan berkurang 99,95% menurut Ethereum Foundation, dengan hal tersebut Ethereum diharapkan dapat menjawab kritik yang tersebar luas soal bagaimana konsumsi energinya yang boros kala menggunakan mekanisme Proof of Work. 

Tetapi Cudos menyatakan jika masih ada masalah penting yang masih menunggu bukti apakah The Merge mampu menyelesaikannya atau tidak, beberapa di antaranya adalah: 

Masalah Skalabilitas Ethereum

Throughput Ethereum yang berupa jumlah transaksi yang dapat diproses per detik dibatasi oleh desain. Saat ini, Ethereum dapat memproses sekitar 15 transaksi per detik.

Ini secara signifikan membatasi kegunaannya untuk pembuatan aplikasi, pemrosesan data waktu nyata, dan kasus penggunaan lanjutan lainnya.

Masalah Biaya Gas

Ethereum masih memiliki biaya gas yang terhitung mahal karena ramainya jaringan, diharapkan The Merge bisa menurunkan biaya gas ini, namun Ethereum sendiri menekankan bahwa kecepatan transaksi dan biaya gas kemungkinan tidak akan terpengaruh.

Sebaliknya, mereka berfokus pada pengembangan di masa depan seperti “sharding” yang berpotensi memperbaiki masalah ini, meskipun sulit untuk mengatakan kapan mereka akan diimplementasikan.

Baca juga: The Merge Ethereum, Era Baru Pengenalan Teknologi Sharding

Masalah Interoperabilitas

Ethereum tidak dapat berkomunikasi dengan blockchain lain secara sederhana atau langsung. Ini berarti bahwa mentransfer aset ke rantai lain bergantung pada mekanisme yang dirancang secara eksternal (seperti rantai Layer-2 atau jembatan antar-rantai) untuk memberikan solusi ad hoc. 

Jika melihat apa yang dipublikasikan Ethereum, Cudos beranggapan jika tidak ada satu pun dari masalah ini yang pasti diselesaikan oleh The Merge. Karena itu Cudos menawarkan sejumlah alternatif bagi industri kripto dan membantu pengembangan Web3. 

Solusi Alternatif dari Cudos

Sejak peluncuran mainnetnya pada bulan Juni, jaringan Cudos telah menawarkan alternatif yang terukur, efisien, dan dapat dioperasikan untuk Ethereum.

Dengan throughput yang jauh lebih tinggi dan biaya gas yang lebih rendah, Cudos adalah pilihan ideal untuk pengembang platform DApps dan DeFi.

Cudos juga merupakan jaringan yang sangat dapat dioperasikan, dirancang dari bawah ke atas untuk memaksimalkan koneksi dengan rantai lain.

Sebagai bagian dari ekosistem Cosmos, Cudos mendukung protokol Inter-Blockchain Computation (IBC), memungkinkan transfer aset yang sederhana dan efisien ke dan dari rantai Cosmos lainnya dan memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi lintas-rantai.

“ Kami berkomitmen pada visi jangka panjang untuk web yang terdesentralisasi, dan ini berarti berpikir di luar masalah langsung dan membangun untuk masa depan. Itulah mengapa kami mengembangkan platform komputasi awan terdesentralisasi yang revolusioner untuk mendukung Web3,” jelas Simrun K Singh dari Digital Marketing Cudos. 

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency