Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Siaran Pers · 7 min read

Jaringan Makin Kuat! Crust Network Implementasikan Intel SGX

Crust Network Implementasikan Intel SGX

Crust Network mengimplementasikan protokol penyimpanan terdistribusi terdesentralisasi menggunakan Intel Software Guard Extensions (Intel SGX).

Pengimplementasian ini akan membuat jaringan Crust semakin terpercaya dan memastikan kerahasiaan kode dan integritas data. Integrasi ini mampu mendukung jaringan Crust untuk bekerja lebih baik lagi.

Crust Network sendiri adalah jaringan penyimpanan terdesentralisasi, mendukung beberapa protokol lapisan penyimpanan seperti IPFS, dan menyediakan antarmuka penyimpanan ke lapisan aplikasi.

Protokol Crust memungkinkan siapa saja untuk menghubungkan sumber daya penyimpanan ke jaringan di mana saja dan menyediakan layanan penyimpanan kepada pengguna jaringan melalui protokol.

Teknologi TEE dan Intel SGX di Crust

Crust menggunakan teknologi TEE (Trusted Execution Environment) untuk membantu memastikan kerahasiaan dan kelengkapan data pada node penyimpanan terdistribusi, serta konsistensi dan non-gangguan data.

Inti dari teknologi TEE (Trusted Execution Environment) yang digunakan oleh jaringan Crust, dan Crust juga menggunakan Intel SGX yang mampu menyediakan lingkungan eksekusi tepercaya.

Ini biasa disebut sebagai “enclave”, di mana data dan eksekusi kode dapat diisolasi dan dilindungi dari perangkat lunak, sistem operasi, lapisan perangkat lunak mesin VM, dan tumpukan layanan cloud.

Kode dan data dilindungi dari tampilan dan modifikasi dari luar TEE, bahkan dengan akses root yang diistimewakan, dan mekanisme perlindungan perangkat keras membantu memastikan kerahasiaan dan integritas data dan kode.

Karena logika eksekusi di enclave dapat diverifikasi dan anti-rusak, dan data di enclave tidak dapat dibaca oleh proses di luar TEE, layanan penyimpanan yang disediakan oleh node jaringan Crust dapat memberikan perlindungan substansial terhadap potensi pemalsuan.

Berdasarkan teknologi Intel SGX, node di Crust Network dapat menjalankan sertifikasi penyimpanan non-interaktif. Misalnya, Intel SGX bekerja dalam proses “store, report and verify”  seperti gambar di bawah.

Saat ini, ada berbagai CPU yang dilengkapi dengan teknologi tersebut, yang dapat beradaptasi dengan persyaratan lingkungan dari protokol Crust untuk eksekusi node penyimpanan yang tepercaya.

Prosesor Xeon Scalable generasi ke-3 Intel menampilkan Intel SGX, yang dapat mendukung 1TB Enclave Page Cache, meningkatkan kinerja komputasi rahasia menggunakan Intel SGX.

Sumber daya penyimpanan berdasarkan protokol Crust saat ini melebihi 1.000PB, dengan lebih dari 4.000 node didistribusikan secara global.

Selain itu sumber daya penyimpanan yang didukung oleh Crust diperkirakan akan mencapai 5.000PB dalam 1 hingga 2 tahun ke depan, didorong oleh meningkatnya permintaan akan penyimpanan data.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.