Crust Luncurkan Produk Cloud 3.0

Anisa Giovanny

15th December, 2021

Crust salah satu proyek penyimpanan terdesentralisasi meluncurkan promosi Crust Files untuk mengenalkan proyek ini lebih luas lagi.

Crust Files adalah aplikasi penyimpanan & transfer Web3.0 berdasarkan jaringan Crust dan dikembangkan oleh komunitas Crust, yang memberikan pengalaman penyimpanan yang sangat sederhana untuk pengguna biasa.

Crust Files berbeda dari layanan cloud yang digunakan sebelumnya. Ini adalah produk cloud Web3.0 yang sebenarnya. Di Web3.0 tidak ada yang dapat menghapus file yang tersimpan bahkan oleh pemiliknya sendiri.

Tidak ada pula yang bisa membaca file terenkripsi kecuali pemiliknya sendiri sehingga privasi terjaga dan tidak ada yang dapat membatasi berbagi file pengguna kecuali pengguna yang menginginkan berbagai file. Kamu dapat mengakses Crust Files di sini.

Proyek Crust merupakan public chain, di mana chain menjadwalkan menjadwalkan sumber daya penyimpanan idle dari node Crust di seluruh dunia untuk menyimpan file bagi pengguna.

Crust Network meluncurkan jaringan utamanya pada 1 September 2021, dan seluruh jaringan saat ini memiliki kapasitas penyimpanan 2.313.154 TB.

Setelah mainnet diluncurkan, Crust menyelesaikan integrasi infrastruktur dengan rantai publik seperti Solana, Polygon, Moonriver, Near, Flow, Elrond dan lainnya.

Pengguna ekosistem ini dapat dengan bebas memanfaatkan sumber daya infrastruktur jaringan Crust untuk pengembangan mereka sendiri, mereka juga dapat langsung menggunakan File Crust untuk penyimpanan gratis & nyaman. File pengguna akan disimpan di jaringan Crust melalui IPFS selama 6 bulan secara gratis.

Integrasi dengan Solana

Baru-baru ini Crust telah terintegrasi dengan Solana. Dengan integrasi Solana, gateway dan layanan penyematan IPFS Web3 Authenticated Crust sekarang mendukung pengguna Solana untuk masuk dengan akun Solana, untuk mengunggah file dan mendapatkan file yang disematkan dengan banyak replika di IPFS.

Penyimpanan desentralisasi multi chain yang mendasari Crust bekerja seperti bridge. Setiap kali pengguna Solana memanggil layanan penyematan IPFS Web3 Authenticated, layanan penyematan akan memanggil antarmuka Crust chain secara langsung untuk menempatkan pesanan penyimpanan pada chain. Arsitektur teknis dan alur diilustrasikan di wiki dev.

Tentang Crust

Crust Network pada dasarnya adalah protokol lapisan insentif IPFS dan blockchain berbasis substrat yang membangun jaringan penyimpanan terdesentralisasi dari ekosistem Web3.0. Didanai oleh DCF (Decentralized Cloud Foundation), Ini dirancang untuk membangun ekosistem cloud terdesentralisasi yang menghargai privasi dan kepemilikan data

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency