Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

ConsenSys dan Protocol Labs Integrasikan Filecoin Jadi Alat Pengembangan Ethereum

Wafa Hasnaghina     Saturday, October 24 2020

Perusahaan Blockchain ConsenSys berkolaborasi dengan tim peneliti perangkat lunak open source, Protocol Labs dalam mengintegrasikan Filecoin dengan produk stack Ethereum ConsenSys.

Berdasarkan berita perilisan tersebut, miner Filecoin, pengembang, dan juga pengguna jaringan nantinya akan dapat mengakses semacam tools atau alat pengembangan ConsenSys, seperti Infura, MetaMask, dan lainnya. Alat-alat ini akan memungkinkan integrasi ekosistem keuangan terdesentralisasi (DeFi) di Ethereum.

Jaringan Filecoin resmi meluncurkan mainnet ke publik beberapa waktu lalu. Proyek yang ditunggu-tunggu sejak 2017 silam, memiliki kapasitas lebih dari 600 petabyte data, serta 600 miner aktif, dan 230 proyek lainnya yang berinteraksi langsung dengan protokol penyimpanan tersebut.

Baca juga: Filecoin, Proyek ICO Rp3,7 Triliun, Akhirnya Rilis ke Publik!

Dilansir dari Cointelegraph, James Beck mengatakan Ethereum DApps dan proyek ini dapat terdesentralisasi sepenuhnya dengan menyimpan data di Filecoin daripada harus mengandalkan layanan cloud terpusat.

Beck juga memberikan tanggapan terkait alasan integrasi ini sangat penting bagi Filecoin,

“Aplikasi di Ethereum membutuhkan solusi penyimpanan data terdesentralisasi, itulah alasan integrasi dengan Infura dan MetaMask sangat penting demi memudahkan pengembang untuk mengintegrasikan Filecoin / IPFS dengan Ethereum. […] ConsenSys Codefi, platform penyedia tokenisasi, perdagangan, dan produk kebutuhan lainnya untuk sektor DeFi, telah menambah dukungan atas Filecoin dan akan menggunakan platform Activate untuk mempercepat peluncuran jaringan Filecoin.”

Menurut Joseph Lubih, pendiri sekaligus CEO ConsenSys, melalui Infura, Codefi, MetaMask, dan proyek ConsenSys lainnya, pengembang akan dengan mudah mengintegrasikan fungsionalitas IPFS dan Filecoin ke dalam aplikasi mereka. Ditambah, hal ini dapat mempermudah proses operasi aplikasi di setiap layer stack dalam protokol ke layer keuangan menggunakan DeFi.