Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Berita Blockchain · 8 min read

ConsenSys dan Protocol Labs Integrasikan Filecoin Jadi Alat Pengembangan Ethereum

Perusahaan Blockchain ConsenSys berkolaborasi dengan tim peneliti perangkat lunak open source, Protocol Labs dalam mengintegrasikan Filecoin dengan produk stack Ethereum ConsenSys.

Berdasarkan berita perilisan tersebut, miner Filecoin, pengembang, dan juga pengguna jaringan nantinya akan dapat mengakses semacam tools atau alat pengembangan ConsenSys, seperti Infura, MetaMask, dan lainnya. Alat-alat ini akan memungkinkan integrasi ekosistem keuangan terdesentralisasi (DeFi) di Ethereum.

Jaringan Filecoin resmi meluncurkan mainnet ke publik beberapa waktu lalu. Proyek yang ditunggu-tunggu sejak 2017 silam, memiliki kapasitas lebih dari 600 petabyte data, serta 600 miner aktif, dan 230 proyek lainnya yang berinteraksi langsung dengan protokol penyimpanan tersebut.

Baca juga: Filecoin, Proyek ICO Rp3,7 Triliun, Akhirnya Rilis ke Publik!

Dilansir dari Cointelegraph, James Beck mengatakan Ethereum DApps dan proyek ini dapat terdesentralisasi sepenuhnya dengan menyimpan data di Filecoin daripada harus mengandalkan layanan cloud terpusat.

Beck juga memberikan tanggapan terkait alasan integrasi ini sangat penting bagi Filecoin,

“Aplikasi di Ethereum membutuhkan solusi penyimpanan data terdesentralisasi, itulah alasan integrasi dengan Infura dan MetaMask sangat penting demi memudahkan pengembang untuk mengintegrasikan Filecoin / IPFS dengan Ethereum. […] ConsenSys Codefi, platform penyedia tokenisasi, perdagangan, dan produk kebutuhan lainnya untuk sektor DeFi, telah menambah dukungan atas Filecoin dan akan menggunakan platform Activate untuk mempercepat peluncuran jaringan Filecoin.”

Menurut Joseph Lubih, pendiri sekaligus CEO ConsenSys, melalui Infura, Codefi, MetaMask, dan proyek ConsenSys lainnya, pengembang akan dengan mudah mengintegrasikan fungsionalitas IPFS dan Filecoin ke dalam aplikasi mereka. Ditambah, hal ini dapat mempermudah proses operasi aplikasi di setiap layer stack dalam protokol ke layer keuangan menggunakan DeFi. 

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.