Coinbase Kerja Sama dengan Pengelola Dana Pensiun, Beri Kemudahan Pensiun dengan Crypto

Naufal Muhammad

11th June, 2021

Dikabarkan bahwa Coinbase baru saja meresmikan kerja sama dengan pengelola dana pensiun di Amerika atau lebih sering disebut dana 401(K).

Kerja sama ini dilakukan untuk memberikan kemudahan untuk pensiun menggunakan dana crypto secara menyeluruh.

Coinbase Kerja Sama Urus 401(K)

401(K) sendiri adalah dana pensiun yang umumnya didapatkan oleh para karyawan perusahaan yang dimana dananya juga didukung oleh para pemekerja.

Dikabarkan bahwa nantinya, para karyawan dapat memanfaatkan crypto sebagai dana pensiunnya, dimana akan tersedia lebih dari 50 crypto.

Dalam publikasi yang beredar, dinyatakan bahwa Coinbase bekerja sama dengan Perusahaan ForUsAll, salah satu perusahaan investasi di Amerika.

Secara rinci, nantinya dengan adanya kerja sama ini, para pengguna jasa dapat memanfaatkan 5% dari dana pensiunnya untuk dikelola di lebih dari 50 jenis crypto.

Pihak ForUsAll menyatakan bahwa dengan memberikan jasa ini, banyak karyawan yang dapat memiliki keuntungan yang lebih tinggi saat pensiun. CEO ForUsAll, Jeff Schulte menyatakan,

‘Dengan memperkenalkan jasa ini, kami meratakan kesempatan untuk menciptakan kekayaan baru, yang digunakan pihak yang kaya untuk semakin kaya. Dengan investasi alternatif yang digabungkan dengan jasa pengelolaan umum kami, para pengguna dapat menerima hasil optimal.”

Tidak dapat dipungkiri bahwa langkah ini dapat bermanfaat bagi para tenaga kerja di Amerika, terutama dengan tingginya potensi crypto dan handalnya pengelola.

Selain itu, langkah ini juga memperluas adopsi crypto kepada perekonomian akibat langkah ini merupakan inovasi yang cukup signifikan.

Inovasi Lagi untuk Adopsi Crypto

Menurut laporan dari WallStreetJournal, diperkirakan bahwa nilai keseluruhan dana pensiun yang dikelola oleh ForUsAll berada di angka $1,7 Miliar atau Rp24,12 Triliun.

Laporan tersebut menambahkan bahwa angka ini dapat mendukung adopsi crypto terus meluas yang berujung positif untuk industri tersebut. Jurnal tersebut melaporkan,

“Dengan $1,7 Miliar, ForUsAll mewakilkan kurang dari 1% keseluruhan pengelolaan dana pensiun Amerika. Namun dampaknya terhadap pasar crypto dan aset digital diprediksi akan sangat signifikan. Saat ini 6 dari 10 investor institusional dan perusahaan telah memiliki aset digital dalam portfolio investasinya.”

Brett Teipaul, salah sat jajaran eksekutif di Coinbase menyatakan bahwa ekspansi crypto ke dana pensiun ini dapat berdampak signifikan. Ia menyatakan,

“Langkah berikutnya adalah memperluas adopsi crypto oleh karena itu kami sangat senang untuk memiliki kerja sama dengan ForUsAll, salah satu perusahaan ternama di dunia pengelolaan dana pensiun.”

Untuk memberikan gambaran, saat ini ForUsAll telah membantu mengelola dana pensiun untuk lebih dari 600 ribu tenaga kerja.

Tenaga kerja atau karyawan yang dimaksud adalah dari beberapa perusahaan ternama seperti Target, Coca Cola, dan Citigroup.

Oleh karena itu, saat ini nampaknya adopsi crypto mulai terus meluas yang membuat harapan terhadap industri ini masih terus berkembang ke depannya.

Naufal Muhammad

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.

Muhammad Naufal merupakan seorang penggemar bidang makroekonomi dan keuangan. Pada saat ini fokus utama tertuju pada bidang teknologi keuangan terutama trading dan investasi crypto.