Berita Blockchain · 6 min read

Coca-cola Akan Mendapatkan Keuntungan dari Blockchain!

Sebagai perusahaan minuman terbesar di dunia, mengemban tugas yang sangat kompleks untuk mengelola sejumlah besar mitra, franchise, dan produsen produk Coca-Cola di seluruh dunia.
Coke One North America (CONA) berharap untuk mengubah hal ini dengan kemitraan yang baru-baru ini disetujui dengan perusahaan perangkat lunak Jerman SAP – yang menyediakan layanan blockchain untuk bisnis.

Memungkinkan Franchise Berkomunikasi Melalui Blockchain

Coca-Cola bekerja dengan CONA untuk mengelola platform teknologi di balik bisnis franchise mereka, franchise tersebut mampu memproduksi, botol, dan mengirimkan sekitar 160.000 pesanan per hari. CONA saat ini membantu 12 franchise Coca-Cola terbesar dengan alat yang diperlukan untuk beroperasi dengan lancar.

Sekarang, menurut sebuah laporan oleh Business Insider, Coca-Cola akan mendapat manfaat dari efisiensi yang ditawarkan oleh teknologi blockchain, yang berpotensi mengarah pada peningkatan tingkat pesanan dan peningkatan bisnis antar franchise.

Ketika pembotolan ini kekurangan pasokan, CONA memungkinkan franchise Coca-Cola yang berbeda untuk berkomunikasi satu sama lain untuk memastikan bahwa pesanan dapat dipenuhi dengan membeli kelebihan yang dibutuhkan dari pembotolan lain.

Sebelumnya, ini adalah tugas yang sulit karena jumlah perantara yang terlibat akan membuat proses menjadi lambat, dan mahal. Sebagai gantinya, sistem baru yang diaktifkan oleh blockchain CONA memungkinkan franchise Coca-Cola untuk mengidentifikasi apakah franchise lain dapat membantu memenuhi pesanan tanpa mengungkapkan informasi hak milik tentang klien mereka dan volume pesanan. Sistem ini juga akan membantu memastikan pembayaran antar franchise diproses lebih cepat.


Ada sejumlah transaksi yang bersifat lintas perusahaan dan banyak pihak yang terlibat sehingga membuat transaksi tersebut tidak efisien. Melewati perantara; membuat hal itu sangat lambat. Dan kami merasa bahwa kami dapat meningkatkan kekurangan ini dan menghemat uang,

 Andrei Semenov, Senior Manager CONA

Secara keseluruhan, sistem baru ini diharapkan dapat mengurangi waktu rekonsiliasi pesanan menjadi hanya beberapa hari — peningkatan drastis selama 50 hari yang diperlukan sebelumnya.

Tren yang Sedang Berkembang

Meskipun Coca-Cola merupakan salah satu perusahaan terbesar yang bereksperimen menggunakan blockchain dalam rantai pasokannya, tren ini tampaknya semakin populer di antara merek-merek rumah tangga pada 2019.

Awal tahun ini, saingan terbesar Coca-Cola, PepsiCo, juga menjalankan uji coba blockchainnya sendiri – bernama Project Proton. Dalam uji coba tersebut, Pepsi bermitra dengan Zilliqa Research untuk menggunakan smart contract untuk mengotomatisasi bagian dari rantai pasokannya, yang menghasilkan peningkatan efisiensi sebesar 28%.

Lima bulan lalu, BeInCrypto juga melaporkan bahwa Target – retailer terbesar kedelapan di AS – telah meluncurkan blockchain open-source baru yang dikenal sebagai ‘ConsenSource’ yang mendukung proyek Hyperledger Grid untuk meningkatkan interoperabilitas, efisiensi, dan keamanan rantai pasokan.

Ini bukan pertama kalinya Coca-Cola bereksperimen dengan teknologi blockchain. Pada bulan Maret 2018, Coca-Cola bergabung dengan Departemen Luar Negeri A.S. untuk menguji penggunaan teknologi blockchain untuk melawan penggunaan kerja paksa dalam rantai pasokan. Sampai sekarang, hasil dari inisiatif tersebut belum dipublikasikan.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.