Chili: Aturan Pengadilan Anti Monopoli Jaga Akun Bank Penukaran Crypto Terbuka

By Aulia Medina     Monday, January 7 2019

Pengadilan anti monopoli Cili kembali mengabulkan perlindungan kepada penukaran cryptocurrency lokal dengan memaksa bank untuk membuat akun mereka terbuka, berita keuangan Diario Financiero melaporkan pada 2 Januari.

Menurut pernyataan terbaru dari Buda.com — salah satu penukaran crypto dipengaruhi oleh larangan penegakan bank sebelumnya — pengadilan anti monopoli dikenal sebagai Tribunal de Defensa de la Libre Competencia (TDLC) sudah menyelenggarakan polling, dan banyak dari membernya memberikan dukungan voting untuk kebaikan dalam perusahaan crypto.

Beberapa sidang berikutnya dijadwalkan pada bulan Februari. ketika RDLC akan mendengar testimoni dari kedua belah pihak. Sidangnya akan dihadiri oleh petinggi Cili, termasuk Menteri Keuangan Negara, Felipe Larrain, Menteri Ekonomi, Jose Ramon Valente. dan presiden asosiasi bank negara, Segismundo Schulin-Zeuthen.

TDLC telah menanggapi keputusan sebelumnya yang diambil oleh Chilean Supreme Court (Mahkamah Agung Chile) pada awal Desember. Pengadilan tertinggi negara lalu bersikeras bahwa bank punya hak legal untuk tidak menyediakan layanan pertukaran crypto, sebagaimana mereka tidak diatur oleh hukum Cili dan mungkin dikaitkan dengan pencucian uang.

Baca juga: F(x) Coin Pundi X membuat Semua Orang Menjadi Gempar

Sebagai konsekuensinya,  Banco del Estado dan Itau Corpbanca — bank ingin menutup akun yang berhubungan dengan crypto — mengajukan banding ke pengadilan anti monopoli, mendesaknya untuk membatalkan tindakan perlindungan. Namun, pada resolusi saat ini, TDLC mengklarifikasi bahwa putusan mahkamah agung tidak menciptakan preseden yudisial untuk mengangkat resolusi sebelumnya.

Seperti yang Cointelegraph beritakan sebelumnya, akhir Maret penukaran crypto CryptoMTK, Buda.com dan OrionX mengklaim bahwa akun bank mereka dibekukan oleh beberapa bank Chili. TDLC segera memberikan mereka perlindungan, dan Menteri Keuangan Negara berjanji untuk membuat aturan crypto yang relevan sesegera mungkin. Namun, pada Desember, Larrain mengklaim bahwa kerangka hukum untuk crypto masih dalam proses.

Sumber