ChilliSwap, Platform NFT yang Berikan Manfaat bagi Penggunanya

Anisa Giovanny

12th November, 2021

NFT dengan cepat menjadi salah satu fenomena budaya yang paling banyak dibahas pada tahun 2021.

Mereka merevolusi ruang seni digital dengan memungkinkan pencipta untuk menghasilkan dan memonetisasi karya dengan cara digital yang juga bertindak sebagai cap verifikasi dan keaslian.

NFT merupakan token yang tidak dapat dipertukarkan dan memiliki nilai yang berbeda antar satu token. Jenis token ini sudah ada sejak 2012 ketika proyek colored coins pertama kali diperkenalkan. 

Kemudian diikuti oleh Counterparty pada 2014 yang merupakan protokol open-source yang memperluas fungsionalitas Bitcoin dan memasukkan beberapa proyek dengan asetnya sendiri, termasuk perdagangan kartu dan meme.

Pada Oktober 2016, meme yang diubah menjadi barang koleksi diterbitkan dengan  green frog yang dapat dikenali, rare pepes di Counterparty.

Sekarang, pada tahun 2021, ChilliSwap berhasil menjual AP-T yang merupakan kombinasi pertama di dunia antara karya seni fisik dan digital di blockchain, sehingga semakin menjembatani kesenjangan antara dunia digital dan tradisional.

Pasar NFT ChilliSwap

Saat ruang terus berkembang, platform seperti ChilliSwap memberikan manfaat untuk lebih meningkatkan pengalaman pengguna dari artis dan pembeli.

Selain sebagai pasar NFT seni rupa, manfaat ChilliSwap adalah platform dan ekosistem DEX bagi pengguna untuk menukar token, yield farming, atau saham. Menjadi bagian dari ekosistem yang lebih besar, baik penjual maupun pembeli di pasar NFT memiliki manfaat eksklusif.

Pasar NFT juga menjaga penyedia konten yang bertujuan untuk menciptakan pasar yang bebas dari campur tangan pihak ketiga.

Di dunia ChilliSwap yang saling terhubung dan bergantung pada kemampuan DEX yang sudah ada, pemilik NFT memiliki kemampuan untuk mengumpulkan hadiah CHLI, memanen NFT, dan CHLI E-Games sebagai bagian dari fokusnya untuk membangun ekonomi pencipta digital yang berkembang.

Utilitas ini memungkinkan seniman untuk memproduksi NFT mereka sendiri, memberi kolektor dan pecinta perdagangan akses ke koleksi NFT yang unik dan tidak biasa, dan berfungsi sebagai platform yang memberi penghargaan kepada semua pengguna terdaftar.

Penjual NFT juga mendapat manfaat dari ekosistem ChilliSwap. Pengguna DEX yang lebih luas yang tidak terlalu pemegang NFT diberi insentif untuk agar mereka tetap bertahan platform dan mendapatkan keuntungan tambahan dari visibilitas di platform.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency