Chainlink dan Tezos Terus Tumbuh, Buat LINK dan XTZ Melonjak!

Wafa Hasnaghina

10th August, 2020

Chainlink belakangan ini terus menunjukan jati dirinya dan masuk ke dalam 10 besar mata uang crypto di pasaran dengan margin yang sangat signifikan.

Dalam 24 jam terakhir saja, nilai LINK naik 19,53% dengan harga $13,35, setelah mencapai level tertinggi sepanjang masa di $13,87. Dengan ini, LINK berhasil meningkatkan kapitalisasi pasarnya sebesar $4,84 miliar.

Pada pasar crypto, analis dan pengamat crypto menunjukkan kekagumannya terkait dengan terus meningkatnya harga LINK yang seakan tanpa henti. Hal ini bahkan terjadi ketika Bitcoin, Ethereum, dan cryptocurrency lainnya cenderung fluktuatif pada beberapa saat lalu.

Pada grafik mingguan, LINK naik sebesar 51% dan pada grafik bulanan ia berhasil menorehkan 107,38% peningkatan. Lalu ada ETH yang mendekati angka tersebut dengan kenaikan sebesar 63%, diikuti oleh XRP dengan 45% pada periode yang sama.

Alasan utama di balik meningkatnya harga LINK tampaknya ada pada pasar derivatif keuangan. Seiring dengan kenaikan harga LINK yang terus berlanjut, kontrak berjangka juga mulai menunjukkan tingkat pendanaan negatif (-0,02%). Tingkat pendanaan ini adalah mekanisme yang memastikan adanya keseimbangan di pasar.

Dengan turun di bawah 0% ini mengindikasikan para trader berjangka LINK meningkatkan tekanan jual pada pasar. Akibatnya, terjadi short squeeze sesaat yang menyebabkan tekanan beli LINK meningkat. Mengingat adanya kenaikan harga dalam beberapa jam terakhir.

Menurut trader Benjamin Blunts, sentimen pasar di LINK sedang bearish. Dalam jangka pendek, tekanan beli akan berkurang, yang nantinya akan menyebabkan penurunan harga LINK. namun, Blunts menyatakan, ia akan menunggu dorongan harga naik sebelum mulai menjual. 

Blunts menyatakan,

“Saya sebenarnya cenderung akan melakukan short, dan sepertinya ini yang akan dilakukan oleh banyak orang. Saya akan menunggu terlebih dahulu dorongan yang lebih tinggi lagi. Saya pribadi belum tertarik untuk bermain dengan kuda terkuat dan tercepat saat ini.”

Sebaliknya, operator Josh Rager optimis dengan kenaikan harga LINK. Setelah ia meningkatkan investasinya dalam mata uang crypto, Rager menyatakan ia optimis terkait hal apapun dengan LINK dan merasa LINK sedang bullish. Ia pun sempat memperkirakan LINK akan menyentuh harga di $15. 

“Saya optimis dengan LINK saat ini dan baru saja membaca mengenai @SynLevdefi yang berfokus pada penyediaan perdagangan aset dengan leverage berisiko rendah yang dibangung di atas jaringan Chainlink. Anda dapat memeriksa airdrop mereka untuk orang-orang yang memegang ETH atau LINK di dalam tipe dompet MetaMask.”

Update Terbaru dari Tezos (XTZ) di Kiln

Di sisi lain, laporan dari Tezos Foundation mengungkapkan beberapa tim ekosistem Tezos telah setuju untuk ikut bertanggung jawab atas pemeliharaan dan pengembangan Kiln. Sistem ini dibuat sebagai aplikasi yang akan memungkinkan penggunanya untuk memantau aplikasi di dalam Tezos. Konsorsium tim terdiri dari tim dari Baking Bad, Obsidian Systems, Tezos Commons dan Tezos TQ.

Di luar itu, Tezos terus melonjak dengan pergerakan harga naik hingga 10% dalam 24 jam terakhir ini. Level resistance di $3,50-$3,52 berhasil ditembus dan sekarang berada pada $3.60.  

Level resistance tersebut juga sempat di tolak. Namun, dengan berhasilnya resistance tersebut ditembus, XTZ diprediksi akan dapat menciptakan level tertinggi baru dalam 6-bulan ini.

Banyak yang berharap XTZ/BTC akan terus meningkat.

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini