Berita Altcoins · 5 min read

Chainalysis Sekarang Dapat Lacak ‘Koin Privasi’ Zcash & Dash?

Pada 8 Juni, Chainalysis mengumumkan dukungan pada koin privasi Zcash (ZEC) dan Dash (DASH) untuk dapat memudahkan penegak hukum dalam melacaknya.

Perusahaan mengklaim bahwa mereka dapat melacak sebagian besar transaksi Zcash dan Dash karena fakta bahwa sebagian besar pengguna tidak menggunakan fitur peningkatan privasi. Terkait dengan Dash, Chainalysis lebih jauh mengatakan bahwa menyebutnya sebagai ‘koin privasi’ adalah bentuk kekeliruan, ia menyimpulkan:

“Faktanya, perangkat lunak dompet independen menyediakan bentuk CoinJoin yang lebih canggih yang digunakan dengan cryptocurrency utama yang tidak dilabeli sebagai koin privasi, seperti Bitcoin, Bitcoin Cash, dan Litecoin.”

Dash Senang dengan Dukungan Chainalysis

Dilansir dari Cointelegraph, CEO Dash Core Group Ryan Taylor mengatakan:

“Dash menawarkan kepada pengguna opsi transaksi yang privasinya ditingkatkan karena keamanan pengguna penting untuk pengadopsian cryptocurrency secara umum, dan hal tersebut ada untuk pengguna akhir yang menghargai fungsionalitas itu. Pada saat yang sama, Chainalysis adalah penyedia terkemuka dari AML yang canggih dan sebuah perusahaan analitik blockchain yang diperlukan dalam membangun bisnis jasa keuangan yang harus terus menyeimbangkan kebutuhan privasi dengan kebutuhan penyesuaian. Pada akhirnya, tujuan keduanya adalah mempromosikan penggunaan cryptocurrency yang aman, sambil terus memastikan akses ke pasar keuangan lama, jadi saya senang jika Chainalysis memilih menerapkan Dash pada platform mereka. “

Tingkat kepuasan dari CEO dari sebuah organisasi yang menjual privasi kepada penggunanya agak membingungkan. Dapat dimengerti jika penyesuaian yang lebih besar dapat mempercepat adopsi mata uang digital, tetapi kesiapan ini bisa menyisihkan banyak pengguna.

Baca juga: Chainalysis Angkat Mantan Pejabat Keuangan AS sebagai Penasihat Teknis

Dilema Koin Privasi

Koin privasi dihadapkan pada dilema yang tidak mudah. Hal ini terkait kepatuhan pada regulasi yang ada atau mati lemas karena regulasi itu pula. Sebagai contoh, beberapa bursa telah menghapus daftar Monero baru-baru ini. Dapat dipahami bahwa pemerintah di seluruh dunia ingin memiliki transparansi yang lebih besar dalam cryptocurrency, lagi-lagi, yang bisa saja digunakan untuk tujuan terlarang. Namun, pada saat yang sama, dalam menghadapi jangkauan pemerintah yang terus berkembang, beberapa individu merasakan kebutuhan yang lebih besar pada alat peningkatan privasi.

Sekarang, setidaknya, Dash terlihat kurang seperti salah satu alat itu. Demikian pula, Zcash menggunakan zk-SNARKs, yang secara teori harus memungkinkan privasi maksimal bagi pengguna. Menurut Chainalysis, hanya 0,9% dari transaksi yang sepenuhnya dilindungi:

“Jadi meskipun kerumitan (kriptografi) pada Zcash lebih kuat karena enkripsi zk-SNARK, Chainalysis masih dapat memberikan nilai transaksi dan setidaknya satu alamat untuk lebih dari 99% aktivitas ZEC.”

Baru-baru ini para peneliti dari Universitas Carnegie Mellon menyimpulkan bahwa 99,9% transaksi Zcash dan 30% transaksi Monero (XMR) dapat dilacak.

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.