Chainalysis Raih $30 Untuk Memata-Matai Transaksi Bitcoin

Aulia Medina

18th February, 2019

Chainalysis, sebuah perusahaan yang bekerja untuk melacak transaksi crypto telah menyelesaikan putaran kedua penggalangan dana mereka. Dipimpin oleh perusahaan venture capital, Accel dengan total $30 juta berhasil dikumpulkan.

Chainalysis Menggandakan Down di London

Hal pertama yang akan mereka buat dengan injeksi tunai adalah dengan menggandakan jumlah karyawan mereka di London. Pegawai Accel yang berada di London, Philippe Botteri mendapatkan kursi dewan di Chainalysis sebagai hasilnya. Kota ini (London) sangat optimal karena kedekatannya dengan beberapa top universitas yang semakin mengakui cryptocurrency sebagai teknologi yang siap untuk membentuk kembali cara orang-orang bertukar nilai di seluruh dunia. Kantor tersebut akan memposisikan kita untuk bekerja dengan institusi keuangan utama dan bisnis cryptocurrency yang berbasis dalam pasar tersebut sebagaimana yang dilakukan pemerintahan Eropa.

Chainalysis adalah salah satu kontraktor terbesar bersama IRS. Sebagaimana yang dilaporkan oleh CNN, mereka menerima sejumlah uang yang IRS habiskan untuk melacak pembayaran crypto – lebih dari $5 juta.

Jumlah tersebut dua kali lipat dari Seri A mereka, dan perusahaan tersebut mengatakan bahwa semenjak itu hal ini memiliki bukti signifikan pengerjaannya. Tahun lalu mereka meluncurkan perangkat lunak “Know Your Transaction”. Deretan anti pencucian yang mengizinkan pertukaran atau partisipan lain di ekonomi crypto untuk memasuki ID transaksi dan menentukan seberapa “bersih” hal ini.

Sebagai perusahaan pelacak yang berkembang, koin pribadi bisa mendapatkan momentun

Dalam laporan ini, menyebutkan “Chainalysis” saja sudah cukup membuat cryptonaughts riuh. Diantara anarkis crypto, perusahaan tersebut tidak terkenal. Privasi keuangan, prinsip inti dari pemikiran anarkis crypto, manifestasi terbaik dalam koin privasi contohnya seperti Monero.

Argumen lama mengenai privasi kembali mencuat, “Jika Anda tidak memiliki sesuatu untuk disembunyikan lalu apa yang dikhawatirkan?” Anarkis crypto semakin curiga.

Namun kemudian ada argumen baru. Tanpa perusahaan seperti Chainalysis dalam permainan, pemerintah akan terus menimbulkan ancaman eksistensial terhadap kripto.

Baca juga: Blockchain Rekam 10K Transaksi Setiap Detik

Tetapi masih saja keterlacakan cryptocurrency lebih baik dari pada tunai fiat tradisional. Yang paling penting dalam crypto adalah telah mengidentifikasi hal ini sebagai kelemahan. Litecoin akan memiliki transaksi yang terlindungi menurut sang pencipa Charlie Lee.

Lagipula, jika seorang pengedar narkoba datang ke pom bensin milik Anda dan menjual beberapa rokok, bank tidak akan memindai tagihan yang digunakan dan menolaknya dari deposit Anda. Cryptocurrency kehilangan kesepadanannya dengan “dirty koin”

Privasi Keuangan adalah Persyaratan Kebebasan Finansial

Komunitas yang berbasis solusi seperti “coin mixing” memiliki umur yang panjang. Namun tetap saja akan ada waktu dalam perekonomian crypto memiliki masalah dengan dasar misi Chainalysis. “Menghindari sanksi” tidak dipandang sebagai sebuah masalah bagi orang-orang yang percaya dalam kebebasan ekonomi yang sesungguhnya.

“Objektif utama kami adalah untuk membenahi data dunia blockchain dan membuatnya dapat diakses dan berguna untuk pemerintahan, institusi keuangan, bisnis cryptocurrency. Kami menggandakan down dalam investasi kami pada orang-orang dan teknologi yang membangun pengertian kamu mengenai bagaimana dan kenapa orang-orang menggunakan cryptocurrency. Khususnya, kami membangun sebuah tim yang berfokus dalam menghubungkan lebih banyak layanan asosiasi dengan aktivitas kriminal, termasuk pasar darknet, penipuan, ransomware, pendanaan teroris, dan penghindaran sanksi.”

Chainalysis didirikan pada 2015 dan tidak lagi menjadi satu-satunya perusahaan dalam permainan analisis transaksi. Elementus adalah perusahaan lain yang bekerja untuk menyediakan informasi mengenai data blockchain sebanyak mungkin. Saat ini, mereka menggunakan kekuatan mereka untuk kebaikan, mengidentifikasi bahwa peretas Cryptopia telah mencuri lebih banyak dari yang dilaporkan. Kemudian, mereka adalah yang pertama mencatat bahwa peretas Cryptopia kembali melakukannya.

Dunia crypto sudah berubah. Dark Net Market seperti Silk Road yang bisa dibilang adalah layanan pertama yang memberikan nilai nyata kepada cryptocurrency. Saat ini Anda yakin bahwa pemerintah lokal Anda pasti tahu apa itu Bitcoin dan dengan berbagai cara, lebih baik Anda melakukan segala bentuk transaksi ilegal secara offline, dalam bentuk tunai.

Sumber