Berita Bitcoin · 8 min read

Chainalysis: Aktivitas Transaksi Ilegal Bitcoin Menurun

Menurut Chainalysis, perusahaan riset blockchain, proporsi transaksi bitcoin yang terkait dengan transaksi ilegal menurun, menurut Chainalysis.

Menurut laporan Bloomberg, mengutip Hannah Curtis, manajer produk senior data di Chainalysis bahwa proporsi transaksi bitcoin yang terkait dengan transaksi ilegal menurun, aktivitas ilegal telah menyumbang kurang dari 1% dari semua aktivitas bitcoin sejauh ini tahun ini dan turun dari 7% pada 2012.

Namun, dalam laporan tersebut juga disebutkan penggunaan bitcoin di pasar online ilegal bersiap untuk menetapkan rekor tahun ini senilai lebih dari USD 1 miliar, karena sekitar $ 515 juta bitcoin telah dihabiskan tahun ini di situs dark web.

Baca juga: Wow, Polkadot Menjual 500 Ribu Tokennya dengan Harga yang Tidak Diketahui

Seperti yang dilaporkan pada bulan Mei, angka awal, berdasarkan data yang dikumpulkan dari dua puluh penyedia layanan pedagang menunjukkan bahwa pada bulan Januari 2019 lebih  dari BTC 32.300 dihabiskan, atau 47% lebih banyak dari pada bulan Januari 2018. Data pendahuluan yang sama menunjukkan bahwa nilai USD dari bitcoin diterima oleh layanan pedagang pada Januari turun 70%, karena harga bitcoin jatuh tahun lalu lebih dari 70%. Chainalysis memperkirakan memiliki data yang lebih tepat pada musim panas ini.

Sementara itu, pada bulan Juni, Financial Action Task Force (FATF), sebuah badan multi-pemerintah yang menetapkan standar global terkait anti-money laundering dan memerangi pendanaan terorisme (AML / CFT), setuju untuk mengimplementasikan rekomendasi mereka sebelumnya yang akan memaksa pemerintah untuk memperketat pengawasan bisnis kripto.

Menurut Chainalysis “Ini akan memiliki dampak besar pada industri mata uang kripto. Pedoman FATF merupakan langkah besar pertama menuju kejelasan peraturan global. Dalam jangka panjang, pedoman pengaturan ini akan memformalkan praktik-praktik terbaik AML / CFT dan membantu industri mata uang kripto menjadi dewasa dan mencapai adopsi yang lebih utama.”

Sumber

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.