Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

CEO VeChain: Teknologi Blockchain Memainkan Peran Penting Saat Covid-19

febrian surya     Tuesday, April 28 2020

Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini berdampak langsung terhadap ekonomi secara global. Namun, di lain sisi hal ini bisa dinilai sebagai suatu hal yang positif untuk semakin memperkenalkan dan memperbanyak proyek blockchain dan digital currency.

Hal ini diungkapkan oleh CEO VeChain, Sunny Lu, di sebuah sesi AMA (Ask Me Anything) yang diorganisasi oleh Crypto.com. VeChain adalah proyek blockchain publik yang berfokus pada penerapan ekonomi dan bisnis di dunia. Dalam sesi tersebut, ia mengatakan bahwa ada beberapa hal positif di tengah-tengah wabah corona bagi industri blockchain dan kripto.

Sunny Lu mengatakan bahwa pandemi virus corona ini mulai membuat banyak orang menyadari betapa pentingnya digitalisasi, hal ini bisa membuat adanya inovasi teknologi yang belum pernah ada sebelumnya.

Selain itu, Sunny Lu juga, menekankan pentingnya transparansi data dan otentikasi produk pada sebuah industri saat pandemi wabah corona ini. Di mana, hal ini bertujuan untuk kebutuhan berbagi data, transparansi, dan verifikasi seperti untuk  menciptakan keamanan pangan dan perawatan kesehatan.

VeChain: DCEP Bukanlah Cryptocurrency Melainkan Uang Tunai Digital

Ia menganggap bahwa blockchain menjadi teknologi yang bisa memberikan hal-hal tersebut di dalam dunia bisnis saat ini. Selain itu, Sunny Lu juga, sedikit memberikan tanggapannya terkait peluncuran Digital Currency Electronic Payment (DCEP), yang diperkenalkan oleh pemerintah Tiongkok.

Menurutnya DCEP bukanlah bersifat open source atau bisa dianggap sama dengan versi digital MO (mata uang Makau) dari RMB (Remimbi), Karena sifatnya yang tidak open source, jenis uang ini lebih cenderung sebagai uang tunai digital dibanding cryptocurrency.

DCEP tidak menggunakan teknologi blockchain,namun kedepannya masih ada peluang atau kesempatan untuk berkolaborasi dengn DCEP dengan mengintegrasikan sistemnya di masa mendatang.

Sebab, hingga saat ini masih belum jelas bagaimana cara proyek blockchain bisa berkolaborasi dengan DCEP, namun kabar baiknya adalah DCEP benar-benar mendukung kegiatan bisnis secara digital.

Sejak virus corona ini menyebar secara global, hal ini juga akan mengubah perilaku banyak orang yang dulunya bertatap muka saat ini lebih banyak menggunakan aplikasi ataupun meeting secara online. Oleh karenanya, inilah mengapa proses digitalisasi menjadi kian penting dan menjadi kebutuhan banyak pihak saat ini.

VeChain mendukung tren digitalisasi bagi dunia usaha yang digunakan untuk berbagai sektor. Di mana, para developer atau startup bisa membuat aplikasi bisnis pada sektor usaha yang berbeda.

Platform blockchain yang dikembangkan VeChain adalah ToolChain yang telah membantu penerbitan sertifikat bagi DNV GL, PWC, dan ribuan penerbit dan pengawas untuk proses DISTANT melalui ToolChain. Di mana, ToolChain ini bisa dengan mudah diintegrasikan lewat platform lainnya.

Sumber