Coinvestasi Telegram Group Coinvestasi Telegaram Channel

CEO Paypal Ungkapkan Ambisi Aplikasi Super dan Rencana Beli Bitcoin

anisa giovanny     Sunday, March 7 2021

CEO Paypal, Dan Schulman memberikan detail tentang ambisi crypto PayPal, yang direncanakan akan membuat aplikasi super dan memberikan informasi apakah perusahaan ini akan memberikan Bitcoin dalam waktu dekat.

Dalam wawancara eksklusif dengan Decrypt, Schulman menjelaskan bagaimana PayPal berlomba untuk mengadopsi era teknologi keuangan berikutnya.

Ini termasuk dengan meluncurkan unit bisnis yang didedikasikan untuk cryptocurrency, yang pertama kali diumumkan bulan lalu.

“Ada banyak kesempatan bagi kami untuk membantu dalam menciptakan infrastruktur generasi berikutnya,” kata Schulman.  

Ia menambahkan bahwa bagian dari misinya adalah untuk memajukan kegunaan mata uang digital.

Unit baru ini mencakup transfer dari beberapa tim teknologi inti perusahaan, dan dipandu oleh dewan penasihat yang mencakup para ahli di bidang teknologi, cryptocurrency, dan regulasi.

PayPal di masa lalu juga bekerja sama dengan Wences Casares, mantan anggota dewan dan pendiri perusahaan Bitcoin Xapo, yang merupakan legenda di lingkaran kripto.

Dikutip dari Decrypt, ia dengan handal menjelaskan berbagai istilah cryptocurrency dan bagaimana unit kripto PayPal bereksperimen dengan kontrak pintar, dan menguji Ethereum dan blockchain lainnya sebagai kandidat potensial untuk membantu perusahaan meningkatkan pembayaran dan transaksi lainnya.

Schulman mengatakan upaya kripto PayPal, yang saat ini hanya menawarkan Bitcoin dan beberapa mata uang kripto lainnya, akan segera berkembang dan tidak hanya buy, sell dan hold saja.

Akankah PayPal Beli Bitcoin untuk Neraca Keuangannya?

Menariknya, Schulman belum membayangkan PayPal bergabung dengan perusahaan seperti Square, Tesla, dan perusahaan publik lainnya yang baru-baru ini menambahkan Bitcoin ke kas perusahaan mereka.

“Saat ini belum ada di prioritas kami, kami tidak selalu menyukai naik turunnya aset di mana kami berinvestasi” kata Schulman.

Schulman menambahkan bahwa PayPal ingin menyimpan uang cadangannya secara gratis untuk potensi akuisisi, termasuk di ranah kripto. Dalam beberapa bulan terakhir, rumor media telah mengindikasikan bahwa perusahaan telah menjajaki pembelian perusahaan penyimpanan kripto BitGo dan Curv.

‘Aplikasi super’ dan Masa Depan Dompet Digital

Komentar Schulman tentang cryptocurrency muncul pada saat PayPal dan daftar perusahaan fintech lainnya yang terus bertambah termasuk Square, Coinbase, Apple, dan Stripe  bersaing untuk mendefinisikan ulang dompet digital sebagai lebih dari sekadar alat untuk pembayaran sesekali.

Baca juga: Tesla Beli Bitcoin $1,5 Miliar, Apple Bakal Ikutan?

Pada panggilan telepon baru-baru ini, Schulman menyebut ambisi dan ide PayPal sebagai “aplikasi super”.

Schulman menjelaskan bahwa PayPal membayangkan sebuah “aplikasi super” yang menawarkan serangkaian fitur yang dulu akan membutuhkan serangkaian aplikasi yang berbeda. Ini termasuk alat untuk pembayaran, belanja, layanan keuangan, dan “bahkan bentuk baru identifikasi digital”.

Kehadiran “aplikasi super” semacam itu juga menunjukkan bahwa konsumen AS siap untuk mengadopsi tren yang populer di Asia. Di Cina, misalnya, aplikasi super WeChat bukan hanya dompet pembayaran tetapi juga jejaring sosial dan platform perdagangan.

Baca juga: PayPal Tembus Rekor Perdagangan Crypto!

Namun, di Amerika Utara, sebagian besar konsumen masih lebih suka menggesek kartu plastik atau menggunakan uang tunai untuk berbelanja.

Jadi mungkin sulit untuk membujuk orang agar mendapatkan pengalaman seperti WeChat.

Meskipun demikian, ini adalah hal yang potensial dan transformasi terus bermunculan . Contohnya ada Venmo, serta aplikasi perdagangan seperti Robinhood dan Public, sudah menawarkan komponen media sosial yang kuat.

Sementara itu, PayPal dan Square muncul sebagai portal pembayaran utama bagi jutaan pedagang, dan pada waktunya dapat berfungsi sebagai pijakan bagi perusahaan-perusahaan tersebut untuk memperluas jangkauan pemasaran mereka kepada konsumen.