Coinweb Kenalkan Fitur Staking, Ini Dia Caranya!

Anisa Giovanny

7th May, 2022

Staking token adalah tindakan mengunci atau menjaminkan investasi Anda dalam proyek tertentu untuk jangka waktu tertentu.

Mereka yang melakukan staking token akan diberikan imbalan yang setara dengan persentase dari jumlah yang sudah mereka berikan, tentu sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Baca juga: Apa Itu Staking Crypto? Panduan Lengkap untuk Pemula

Salah satu proyek yang menyediakan fitur staking dengan imbalan menarik adalah Coinweb.

Untuk investor Coinweb, jangka waktu komitmen ditentukan sebagai “sampai peluncuran mainnet yang dijadwalkan Q1 2023.

Hadiah Program Staking (Staking Program Rewards) mulai dari 15% per tahun. Hadiah dapat ditingkatkan dengan berpartisipasi dalam peluang staking lebih lanjut yang dikenal sebagai “Booster Windows” yang akan diumumkan oleh tim lebih lanjut.

Baca juga: Apa itu Coinweb (CWEB)? Fitur, Keunggulan dan Tokenomics

Jumlah Token yang Harus Distaking

Tidak ada jumlah minimum yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam program Staking Rewards. Namun, jaminan diperlukan saat jumlah Staking di atas 10.000 CWEB*.

*Untuk semua jumlah hingga 10.000 CWEB, smart contract akan secara otomatis mempertaruhkan seluruh jumlah yang tersedia di alamat tanpa perlu menjaminkan jumlah jaminan investor.

Jika memiliki kurang dari 10.000 investor memerlukan sinyal di Dasbor.

Tempat Staking Coinweb

Partisipasi hanya dapat dilakukan melalui antarmuka pengguna dasbor yang diaktifkan langsung di situs web Coinweb.io, dan investor hanya dapat masuk untuk berpartisipasi dari alamat yang private key nya dimiliki oleh investor.

Tampilan dasbor Coinweb
Tampilan dasbor Coinweb

Cara Staking Coinweb

Buat Address Ethereum

Buat alamat Ethereum khusus yang bakal Anda gunakan secara eksklusif untuk melakukan Staking token CWEB. Satu-satunya cara yang disetujui untuk melakukan ini adalah melalui akun MetaMask dari Browser Desktop.

Wallet metamask
Wallet metamask

CWEB harus disimpan di Dompet Metamask investor.

Baca juga: Cara Membuat Akun MetaMask

Perhatikan Jumlah Token

Investor harus “memberi sinyal” berapa banyak yang ingin distake dengan menjanjikan 10% dari total jumlah Staking (dikurangi 10.000 yang didapatkan secara gratis) sebagai jaminan.

Ini dilakukan dengan membakar (burning) token CWEB tersebut. Jumlah ini akan dikembalikan kepada investor di akhir program staking di Layer 2 dengan rasio 1:1.

Staker dengan kurang dari 10.000 CWEB dapat memberi sinyal untuk menggunakan opsi bebas gas melalui Dasbor

PENTING: Setelah melakukan Staking sejumlah token CWEB, Anda tidak dapat memindahkan token CWEB apa pun dari alamat itu hingga akhir program saat akan menerima hadiah.

Jika tidak, seluruh jumlah token CWEB di alamat akan secara otomatis menjadi unstaked dan semua hadiah akan hilang dan dipindahkan ke booster pool.

Investor juga akan kehilangan 10% jumlah jaminan yang digunakan untuk menandakan niat investor untuk berpartisipasi.

Stake 10% dari Jumlah Token

**pengecualian untuk 10.000 CWEB pertama

Ini adalah mekanisme yang dirancang untuk mencegah bursa mengambil keuntungan dari Staking Rewards Program, dan juga merupakan penalti bagi staker yang unstake sebelum komitmen waktu yang disepakati tercapai.

Periksa Imbalan Staking yang Diberikan

Jumlah hadiah akan ditentukan oleh:

  1. Jumlah token CWEB yang distake
  2. Berapa lama investor telah melakukan staking token
  3. Hadiah tambahan apa pun yang berlaku untuk jumlah staking melalui partisipasi dalam aktivitas “Booster Window”

Investor dapat mengonfirmasi jumlah hadiah yang diharapkan kapan saja dengan menghubungkan dompet MetaMask ke Dasbor Staking Coinweb.

Staking Coinweb
Staking Coinweb

Investor memutuskan seberapa besar ingin berkomitmen pada Program Staking dan membakar (burn) jaminan yang diperlukan.

Investor hanya dapat menerima dan menambahkan lebih banyak CWEB ke alamat ini; BUKAN mengirim token keluar.

Setiap CWEB yang ditransfer keluar dari alamat staking khusus akan mengakibatkan unstaking seluruh jumlahdan hilangnya jumlah jaminan yang sudah setujui diawal proses staking.

Jika memutuskan untuk keluar dari program staking, investor perlu memulai dari awal lagi dari alamat yang sama.

Hal Penting untuk Staking Coinweb

Apakah ada hal lain yang perlu saya ketahui tentang Staking CWEB?

  1. 10.000 CWEB ** pertama dapat di-stake tanpa menggunakan jaminan, dan tidak memerlukan token untuk dijaminkan.
  2. Investor dapat mengisi wallet kembalu meski sudah melakukan jaminan untuk staking.
  3. Tingkat hadiah tambahan dari top-up akan dihitung dan seterusnya dari tanggal mereka ditransfer ke dompet.
  4. Investor dapat melakukan stake lebih dari 10% alokasi token, yang dikenal sebagai penjaminan berlebihan.

Mekanisme Jaminan Berlebihan

Token CWEB tambahan apa pun yang dikirim ke alamat staking yang belum dijaminkan akan diingatkan kembali oleh dasbor instrumen Staking dan investor harus mengirimkan jumlah jaminan tambahan ke alamat jaminan untuk melakukan staking saldo penuh.

1. Penjaminan yang berlebihan dalam artian mengirim lebih banyak token ke alamat staking secara otomatis akan melakukan staking token tersebut.

2. Penjaminan yang kurang dalam artian token telah dikirim ke alamat staking, tetapi jaminan untuk pembakaran (burn) tidak ada. Dalam kasus ini instrumen Staking akan meminta investor untuk melakukan penjaminan tambahan.

Token yang berlebih dalam penjaminan tetapi belum diterapkan ke saldo Staking akan dikembalikan kepada di akhir program pada distribusi token Layer 2 Mainnet.

Peluang Staking Coinweb

Untuk mendapatkan peluang staking lebih tinggi, investor dapat menantikan booster windows yang akan diinformasikan Coinweb di berbagai kanal media yang mereka miliki.

Adapun nilai kenaikan yang akan diterima untuk hadiah Staking akan ditentukan oleh kombinasi jumlah jaminan yang tidak di-stake yang hilang dari orang-orang yang berpartisipasi tetapi memutuskan untuk keluar dari program staking lebih awal.

Kemudian tambahan apa pun yang dirilis ke sirkulasi sebagaimana akan ditentukan oleh tim agar sesuai untuk setiap peluang booster window.

Staking Coinweb Melalui Kontrak

Mereka yang ingin melakukan pembakaran jaminan secara manual tanpa menggunakan instrumen staking , dapat melakukannya melalui smart contract di tautan berikut dengan memilih “burn” dan sending 10% (*) dari jumlah staking yang diinginkan.

Harap diingat bahwa setelah sebuah alamat ditandai untuk program Staking, kamu tidak dapat memindahkan berapapun jumlah CWEB dari alamat tersebut hingga akhir program saat peluncuran Mainnet.

Kamu masih dapat mengakses papan instrumen Staking melalui situs web Coinweb dengan menghubungkan dompet dengan alamat yang dihubungkan.

Kontrak staking
Kontrak staking

Gambar menunjukkan contoh bagaimana menjaminkan 2.000 CWEB sebagai jaminan

Di bidang “byte data”, masukkan 0x6570696331 seperti pada gambar di atas (ini menunjukkan waktu staking yang terkait dengan pembakaran).

Penting juga untuk mengetahui bahwa CWEB memiliki 18 tempat desimal, jadi 1 CWEB sama dengan 1 000 000 000 000 000 000 unit minimum. Saat berinteraksi langsung dengan kontrak, unit minimum digunakan.

Jadi untuk membakar misalnya 2 000 CWEB, angka yang harus dimasukkan adalah 2 000 + 18 nol, 2 000 000 000 000 000 000 000 (tanpa spasi).

Kamu cukup menyalin di sini ( 00000000000000000000 ) dan menambahkan di belakang jumlah yang digunakan sebagai jaminan.

Kamu juga bisa melihat video di bawah ini untuk mengikuti langkah demi langkah staking di Coinweb.

Staking di Coinweb

Informasi lebih lanjut soal staking Coinweb bisa ditemukan website resmi proyek atau bergabung dengan telegram Coinweb Indonesia.

Anisa Giovanny

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency

Anisa tertarik dengan dunia tulis menulis dan copyediting sejak bangku SMA dan diperdalam di dunia perkuliahan. Saat ini tertarik dan tengah mendalami bidang ekonomi terutama terkait investasi dan cryptocurrency