Berita Exchange · 5 min read

Bursa Kripto Crypto.com Salah Transfer 320 Ribu ETH!

crypto.com salah transfer aset kripto

Crypto.com salah mentransfer 320.000 ETH ke bursa Gate.io. Kesalahan ini terungkap saat akun twitter @jconorgrogan mengangkat kekhawatiran tentang transfer 320.000 ETH dari cold wallet Crypto.com ke Gate.io yang terjadi pada 21 Oktober 2022.

Sementara itu data dari On chain data juga mengonfirmasi transfer 320.000 ETH dari Crypto.com ke Gate.io

Data Etherscan. Sumber: Cointelegraph.

Crypto.com sebelumnya mengklaim bahwa 100% aset kripto milik pengguna disimpan secara offline di cold wallet dalam kemitraan dengan penyedia hardware wallet Ledger.

Saat diskusi mulai memanas, Kris Marszalek, CEO Crypto.com, mengungkapkan bahwa dana itu mewakili 82% dari penyimpanan ETH Crypto.com di cold storage pada saat penulisan dan ia mengonfirmasi jika itu tidak sengaja dikirim ke Gate.io.

“Itu seharusnya dipindahkan ke alamat cold wallet baru, tetapi dikirim ke alamat pertukaran eksternal yang masuk whitelist” jelasnya via akun twitter.

Marszalek mengonfirmasi bahwa Gate.io mengembalikan dana ke cold storage Crypto.com dan meyakinkan investor bahwa proses dan fitur baru diterapkan untuk mencegah kejadian ini terulang kembali. 

Marszalek menyatakan bahwa semua dana telah dikembalikan. Penyelidikan lebih lanjut menunjukkan bahwa 35.000 ETH yang hilang dikirim ke alamat berbeda, yang belum dikonfirmasi oleh pertukaran bursa kripto.

Bukan Kejadian Pertama dari Crypto.com

Ini bukan pertama kalinya Crypto.com menjadi berita utama untuk transfer yang tidak disengaja. Pada Agustus 2022, ditemukan bahwa Crypto.com secara tidak sengaja mengirimkan AUD $10,5 juta (senilai lebih dari $7 juta) kepada investor yang berbasis di Melbourne, yang seharusnya merupakan pengembalian dana sebesar AUD $100 ($67). Insiden itu terjadi pada Mei 2021 tetapi tidak ditemukan hingga audit tahunan pada Desember 2021.

Marszalek berjanji untuk menerbitkan bukti cadangan yang diaudit Crypto.com pada 10 November sambil menyoroti pentingnya transparansi dan keamanan pengguna.

Dengan sebagian besar bisnis aset kripto  bersedia membagikan bukti cadangan mereka, investor sekarang memiliki kesempatan untuk mengonfirmasi keberadaan dana mereka, yang pada akhirnya mencegah pemilik bisnis menyalahgunakan dana cold storage.

Baca juga: 9 Bursa Kripto Publikasi Cadangan Dana

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.