Coinvestasi (Banner Ads - Promo Coupon)

Siaran Pers · 8 min read

Bulan Literasi Kripto 2024 Resmi Dibuka, Harapkan Inklusi Investasi Aset Kripto

Bulan Literasi Kripto

Asosiasi Blockchain dan Pedagang Aset Kripto Indonesia (Aspakrindo – ABI) kembali menggelar Bulan Literasi Kripto 2024 (BLK) yang diadakan sepanjang bulan Mei. Acara ini dibuka secara resmi di Thamrin Nine Ballroom, Jakarta, pada 2 Mei 2024.

BLK merupakan serangkaian acara yang berlangsung sepanjang bulan dan diadakan setiap tahun. Acara ini bertujuan untuk membangun pemahaman yang kuat terhadap industri kripto serta memastikan cara berinvestasi yang aman untuk inklusi finansial, sambil mendorong pemberdayaan teknologi di Indonesia.

Gambar: Pembukaan acara Bulan Literasi Kripto 2024 dihadiri oleh Asosiasi, Bappebti, dan OJK. Sumber: Dok. Istimewa.

Mengambil tema “Menjelajahi Dunia Kripto: Membangun Masa Depan Keuangan Digital”, Bulan Literasi Kripto kali ini mengajak masyarakat untuk lebih memahami tentang dunia kripto dan ikut serta dalam membangun masa depan keuangan digital yang inklusif.

“Bulan Literasi Kripto adalah momentum penting dalam pengembangan inovasi teknologi blockchain beserta ekosistemnya. Tingginya perhatian terhadap aset kripto di Indonesia dapat mendorong munculnya lebih banyak inovasi demi masa depan finansial yang inklusif dan berdaya,” tutur Ketua Umum Asosiasi, Robby.

Dalam acara pembukaan ini hadir pula Hasan Fawzi (Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital dan Aset Kripto OJK), dan Kasan (PLT Ketua Bappebti).

Hasan Fawzi mengapresiasi diadakannya Bulan Literasi Kripto, ia mengatakan, “Pemahaman yang baik akan aset kripto menjadi kunci agar masyarakat memanfaatkan aset kripto dengan bijak, acara ini sangat relevan dan bermanfaat. Semakin tinggi tingkat literasi maka diharapkan akan semakin besar.”

Ia menambahkan, “Rangkaian acara BLK ini menjadi sesuatu yang sangat relevan, semakin tinggi tingkat literasi, maka diharapkan masyarakat semakin mengenal risiko yang timbul dalam pemanfaatan aset kripto ini. Edukasi juga akan menjadi agenda OJK tahun ini, bahkan sebelum peralihan pengawasan.” 

Sementara itu, Kasan mengatakan agar tidak khawatir mengenai perpindahan kewenangan dari Bappebti ke OJK pada 10 Januari 2025 nanti. Sebab, Bappebti akan terus berkolaborasi dengan OJK untuk memastikan jalannya industri kripto Indonesia sesuai dengan UUP2SK. 

“Kolaborasi ini tetap akan berlanjut, karena kita ingin pastikan bahwa seluruh hal yang berkaitan dengan pengalihan, kewenangan pengaturan, pengembangan, pengawasan, termasuk tindakan dari industri kripto sesuai amanat UU P2SK, kami akan sama-sama mengawal,” katanya. 

Dalam sambutannya, Kasan juga menginformasikan bahwa nilai transaksi kripto sepanjang kuartal satu 2024 mencapai Rp158, triliun. Jumlah ini melonjak empat kali liat dibandingkan kripto pada kuartal  satu 2023.

Lebih lanjut ia juga menekankan bahwa perdagangan aset kripto telah memberikan kontribusi signifikan pada penerimaan negara di sektor perpajakan. Per kuartal satu 2024 ini dilaporkan DJP, pajak kripto telah mengumpulkan Rp112,93 miliar. 

Baca juga: Indonesia Berhasil Kantongi Pajak Kripto Rp112 Miliar Sejak Awal 2024

Rangkaian Acara BLK 2024

Sementara itu, usai acara pembukaan, acara BLK akan dilanjutkan dengan  roadshow ke lima kota besar di Indonesia yakni Bandung, Yogyakarta, Malang, Surabaya, dan Medan, yang berlangsung pada 6 – 29 Mei 2024.

Roadshow ini akan melibatkan panelis terkemuka dari pemerintah dan para pemain industri blockchain dan aset kripto di Indonesia. Aspakrindo – ABI juga akan berkolaborasi dengan berbagai komunitas dan universitas terkemuka untuk memperluas cakupan audiens dalam roadshow ini.

Penutupan acara BLK akan dilaksanakan pada 30 Mei 2024 di Menara Imperium, Jakarta. Acara ini akan diselenggarakan secara gratis dan terbuka untuk umum, di mana para peserta juga akan berkesempatan untuk bertemu dengan para pelaku industri dan influencer kripto.

Acara ini didukung oleh berbagai perusahaan kripto terkemuka di Indonesia dan dunia, seperti DCT Token, INDODAX, Tokocrypto, Liminal, Tether, serta organisasi seperti CFX, AFTECH, dan KADIN.

Dalam kegiatan Bulan Literasi Kripto, CoinDesk Indonesia dan Coinvestasi berperan sebagai official media partner yang berperan secara signifikan dalam mendukung dam BLK. 

Baca juga: Bulan Literasi Kripto 2024 Segera Hadir Bulan Mei Ini!

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Anisa Giovanny

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.