Blockchain Service Network Tiongkok Luncurkan Situs Web Internasional Resmi!

Wafa Hasnaghina

12th August, 2020

Tiongkok semakin di depan terkait dengan jaringan blockchain. Pasalnya, baru-baru ini Blockchain Service Network (BSN) Tiongkok meluncurkan situs web internasional resmi. 

Situs ini dirilis pada 10 Agustus lalu, dengan bahasa dasar Inggris sebagai upaya dalam membawa pengembang global untuk berinvestasi pada proyek tersebut.

Integrasi dengan Enam Jaringan Blockchain Lainnya

Dilansir dari Cointelegraph, He Yifan, CEO Red Date Technology, perusahaan swasta lokal dan anggota pendiri BSN mengatakan bahwa situs web baru tersebut memungkinkan pengembang menggunakan layanan BSN dan layanan jaringan blockchain publik melalui sebuah portal tertentu. 

Ia terintegrasi langsung pada enam jaringan blockchian publik seperti Ethereum, EOS, Nervos, Tezos, NEO, dan IRISnet. Hal ini memungkinakn pengembang membangun aplikasi terdesentralisasi (DApps) dan menjalankan node melalui penyimpanan data dan bandwidth pada pusat data BSN di luar negeri.

Blockchain Service Network Bekerjasama dengan Google dan AWS

Mengacu pada situs web tersebut, proyek BSN berencana meluncurkan Interchain Communication Hub melalui IRITA interchain service hub dan jaringan terdesentralisasi Chainlink pada Oktober 2020 mendatang.

Selain itu, situs ini juga menampilkan kemitraan dengan perusahaan teknologi dan blockchain global seperti Google dan Amazon Web Services. Kedua perusahaan ini tercatat sebagai penyedia layanan cloud. Di luar itu ada Hyperledger sebagai pemasok blockchain resmi. 

“Kami mendapat dukungan yang baik dari beberapa penyedia layanan cloud besar karena mereka sangat menyukai ide dan visi BSN,” ujarnya.

Uji coba pertama BSN dilakukan pada Oktober 2019 lalu. Proyek ini bertujuan untuk mendukung pemerintahan dalam membantu usaha kecil-menengah dalam membangun dan menerapkan aplikasi blockchain. Program ini kemudian diluncurkan kepada publik untuk penggunaan komersial global pada April 2020 lalu.