Berita Blockchain · 5 min read

Blockchain Juga bisa Diterapkan pada Barang Mewah

Secara historis, industri barang mewah termasuk yang terlambat menggunakan platform teknologi transformatif, dari e-commerce hingga media sosial. Saat ini ketika teknologi blockchain mulai menerima banyak perhatian dan pengawasan, apakah kondisi ini akan terulang lagi?

Tidak jika sejumlah pendukung profil tinggi yang mengadvokasi penggunaan blockchain secara luas memiliki sesuatu untuk dengannya.

Brand-brand utama, termasuk ritel berlian De Beers, yang memperkenalkan platform blockchain Tracr untuk memfasilitasi riwayat berlian dari mulai pembuatan, telah menggandakan tren tersebut. Joseph Lubin, pendiri platform komputasi blockchain Ethereum dan pendiri ConsenSys, kependekan dari Consensus Systems, sebuah studio ventura blockchain – menguraikan manfaat potensial dari penggunaan teknologi database desentralisasi ini. Dia percaya bahwa teknologi blockchain akan mendorong orang untuk berbagi sumber daya dan bahkan pemain yang bersaing untuk validasi pesanan atau transaksi dalam jaringan yang lebih aman daripada yang telah tersedia sebelumnya.

“Salah satu cara utama blockchain dan penciptaan infrastruktur baru yang terpercaya dan diverifikasi dapat mengubah kemewahan dalam pertempuran melawan barang palsu,” kata Joseph. Sekarang, ketika nilai kepastian dan jaminan merupakan prioritas penting untuk brand dan pelanggan, platform berbasis blockchain Ethereum yang dibangun untuk rantai pasokan, seperti Viant, dapat memungkinkan pengelolaan, kontrol, dan pelacakan aset dari bahan mentah sampai ke tangan konsumen.

Artikel terkait: Rumah Sakit di Korea Pakai Blockchain Untuk Layanan Informasi Medis

“Ini akan membutuhkan investasi dalam jumlah yang cukup besar,” kata Joseph, “dan jelas akan lebih mudah untuk melacak dalam rantai pasokan yang terkontrol dibandingkan dengan jaringan pasokan yang lebih luas, tetapi teknologinya ada di sana dan kami menjadi lebih baik dalam hal itu. ”

Pilihan ini termasuk membuat kemasan anti rusak yang dapat dilacak, menyusun nomor seri atau memonitor secara ketat pengangkutan bahan atau produk dari satu tahap ke tahap lainnya. Semua praktik itu akan, secara bertahap, menciptakan data yang sempurna yang akhirnya bisa membuatnya lebih sulit untuk penambahan yang tidak diinginkan atau ilegal untuk diperkenalkan ke dalam sistem.

Cara lainnya adalah platform dapat digunakan untuk memfasilitasi komunikasi yang lebih besar dan lebih transparan antara pencipta dan konsumen, serta memotong perantara untuk memungkinkan pembayaran langsung dan transaksi perizinan. Pada satu tahap, Joseph menyarankan, blockchain bahkan mungkin menghasilkan desainer dan brand mengirimkan prototipe desain digital langsung ke konsumen, memungkinkan mereka untuk memproduksi atau mencetak-nya dalam bentuk 3D. Ini juga membantu desainer kecil independen yang merasa pekerjaan mereka telah dijiplak oleh merek-merek besar untuk memverifikasi klaim bahwa mereka memahami ide tersebut terlebih dahulu.

“Blockchain memungkinkan para pekerja kreatif dari semua latar belakang untuk mengunggah dan menandai representasi dari pekerjaan mereka dan merupakan mekanisme yang hebat untuk timestamping yang tidak dapat ditolak,” kata Joseph. “Peluang untuk perubahan positif di sini tidak terbatas. Dan mereka baru saja mulai.”

Sumber: The New York Times

Disclaimer

Konten baik berupa data dan/atau informasi yang tersedia pada Coinvestasi hanya bertujuan untuk memberikan informasi dan referensi, BUKAN saran atau nasihat untuk berinvestasi dan trading. Apa yang disebutkan dalam artikel ini bukan merupakan segala jenis dari hasutan, rekomendasi, penawaran, atau dukungan untuk membeli dan menjual aset kripto apapun.

Perdagangan di semua pasar keuangan termasuk cryptocurrency pasti melibatkan risiko dan bisa mengakibatkan kerugian atau kehilangan dana. Sebelum berinvestasi, lakukan riset secara menyeluruh. seluruh keputusan investasi/trading ada di tangan investor setelah mengetahui segala keuntungan dan risikonya.

Gunakan platform atau aplikasi yang sudah resmi terdaftar dan beroperasi secara legal di Indonesia. Platform jual-beli cryptocurrency yang terdaftar dan diawasi BAPPEBTI dapat dilihat di sini.

author
Dhila Rizqia

Editor

arrow

Terpopuler

Loading...
Loading...
Loading...
Loading...
Loading...

#SemuaBisaCrypto

Belajar aset crypto dan teknologi blockchain dengan mudah tanpa ribet.

Coinvestasi Update Dapatkan berita terbaru tentang crypto, blockchain, dan web3 langsung di inbox kamu.