BitMex Dituntut CFTC dengan Tuduhan Trading Ilegal dan Pencucian Uang

Wafa Hasnaghina

2nd October, 2020

Harga Bitcoin semalam turun bersamaan dengan kabar pertukaran aset crypto BitMex yang dituntut oleh Komisi Perdagangan Komoditas Berjangka (CFTC). Tuntutan ini diajukan berkaitan dengan pencucian uang dan trading ilegal di dalam platform.

Penuntutan ini diajukan kepada pemilik sekaligus para petinggi BitMex, seperti Arthur Hayes selaku CEO, Ben Delo, dan Samuel Reed. CFTC menuduh mereka semua menyalah gunakan Bank Secrecy Act (UU Kerahasiaan Bank) dan persengkongkolan dalam penyalahgunaan tersebut.

Menyusul adanya tuntutan tersebut, Gregory Dwyer, selaku Head of Business Development di BitMex juga ditahan dengan maksimal kurungan penjara lima tahun. 

BitMex Dituntut dengan Tuduhan Lakukan Trading Ilegal dan Pencucian Uang

Kasus ini bermuara dari klaim CFTC yang mengatakan BitMex menerima setidaknya $11 miliar dalam deposit Bitcoin dan meghasilkan $1 miliar dari biaya yang dibebankan kepada pengguna di AS. Hasil ini didapatkan sebelum BitMex mendapatkan persetujuan terkait legalnya operasi pertukaran tersebut di AS. 

Khawatir, Investor Tarik Dana, Sebabkan Bitcoin Turun 

Karena masalah ini, banyak dari investor pengguna BitMex khawatir dana sekaligus aset crypto mereka hilang. Kejadian ini membuat, Bitcoin sempat turun beberapa saat setelah berita ini diumumkan. 

Di sisi lain, pihak BitMex mengatakan bahwa perusahaan dan platformnya akan beroperasi sepenuhnya seperti biasa dan semua dana yang ada akan aman. Layanan pelanggan dan proses penarikan akan diproses pada waktu kerja setempat.